Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review IEM Blon BL-05 Bahasa Indonesia

BL-05, Jagoan Baru Untuk IEM di range Harga 500 Ribu-an

taorent.id - Setelah meramaikan dunia aduio portable dengan iem BL-03 beberapa waktu lalu, Blon kembali hadir dengan produk yakni Blon BL-05. Blon BL-05 ini dikatakan sebagai versi "perbaikan" dari kakaknya yaitu si BL-03 yang sangat disukai banyak penikmat audio karena suaranya yang warm yang disukai banyak orang. Lalu bagaimana dengan suara Blon BL-05 ini? secara singkat, sebenarnya menurut saya antara BL-03 dan BL-05 memiliki tonal suara yang berbeda. Review Blon BL-05 Bahasa Indonesia yang saya buat ini secara singkat BL-05 punya tonal balance sedikit bright. 

review blon BL05 bahasa indonesia

Sebelum membaca review ini, saya tegaskan bahwa review ini sbersifat sangat subjektif berdasarkan kuping dan selera audio saya. Test iem menggunakan DAP shanling M2X, HP, dan komputer. Untuk track yang digunakan variatif mulai dari pop, rock, metal, female vocal, male vocal, EDM, dan musik instrumen.

Spesifikasi IEM Blon BL-05

Spesifikasi iem blon BL-05 diatas kertas adalah sebagai berikut :
  • 10mm Carbon Nanotube Diaphragm Dynamic Driver Unit.
  • Impedance: 32 Ohms.
  • Sensitivity: 108dB.
  • Frequency Response Range: 20Hz-20kHz.
  • 0.78mm Two-Pin Cable with 3.5mm Termination Plug.
  • Metal Housing Shells.

Packaging dan Build Quality

Blon BL-05 datang dengan packaging yang kalau saya bilang : packagingnya apa adanya. Hanya kardus box biasa dengan penutup mika bertuliskan merek dan logo Blon. secara packaging sama dengan kakaknya terdahulu si BL-03. Sebenarnya packagingnya hampir sama dengan IEM merek TFZ, namun punya blon ini terasa lebih cheap packagingnya.

Didalam box package blon BL-05 terdapat unit iem Bl-05, kabel, buku manual, pouch dari kain dengan bahan kanvas, dan eartips dengan bentuk bulat dan agak lancip dengan ukuran S, M, L. Eartips nya keras seperti eartips curah kebanyakan, utnuk kenyamanan saya rekomendasikan untuk mengganti eartips dari merek lain.

review blon BL05 bahasa indonesia

Untuk urusan build quality, iem Blon BL-05 ini hadir dengan housing metal dengan bentuk oval yang manis. Resiko iem dengan housing yang terbuat dari bahan metal adalah iem akan terasa berat. Namun di BL-05 ini untuk ukuran full metal dia tidak terlalu berat, karena ukuran housingnya sendiri tergolong kecil. Housing terlihat dan terasa kuat dan tidak ringkih. dengan finishing yang baik, blon BL-05 terlihat seperti Iem mahal. Blon BL-05 hadir dengan varian warna gun metal dan silver.

Sound Quality

Low Range
BL-05 ini punya bass yang tergolong tight. Bass nya tidak boomy dan rumblenya masih ada sedikit banget. tekstur  bass nya lumayan terdengar dan speed nya lumayan cepat. Imapct bass nya masih terasa dan cukup punchy di kuping saya. Sektor bass juga ga meleber sampai ke mid sehingga ga ganggu sektor yang lain. Bass tipe tight dan cepat seperti ini tentu sangat tidak cocok untuk anda penggemar lagu-lagu electronic dance music (EDM). Untuk ukuran lagu rock, bass nya masih cukup bisa diajak ngebut, tapi kalau untuk lagu metal yang double pedalnya intense, bass dari BL-05 in imasih keteteran.

Mid Range
kualitas vokal yang diproduksi oleh BL-05 agak tipis, sedikit kering namun posisinya maju dan suaranya vokalnya terdengar cukup powerfull. Menurut saya suara vokalnya terdengar kurang natural, sedikit agak metalik dan terasa di boost. Suara vokal penyanyi wanita cukup enak didengar walaupun terasa tipis dan ada sedikit sibilance di lagu-lagu japan female singer. kesan tipis dan metail ini akan lebih terasa lagi jika mendengarkan lagu dengan vokal perempuan yang agak ngerock. Untuk suara vokal pria seperti tulus juga cukup enak untuk didengar. Suara instrumen musik cukup terdengar tegas dan cukup jelas. 

High Range
Menurut saya frekuensi high ini adalah frekuensi paling bagus di BL-05 ini. Suara-suara simbal terdengar jelas, sparkling tidak harsh namun juga tidak smooth. Suara treble tidak ngumpet dan tidak ketutupan suara yang lain. Suara trebel terdengar sahut-sahutan namun tidak sampai sibilance dan nusuk di telinga. Walaupun sedikit kurang bertekstur, suara trebel yang dihasilkan tergolong sangat baik secara kualitas dan kuantitasnya.

Lainnya
BL-05 ini bisa dibilang punya teknikal yang baik, separasi instrumen cukup baik di range harga 500 ribuan. Clear sounds dengan soundstage cukupan (tidak terlalu luas).

review blon BL05 bahasa indonesia

Kesimpulan

dari keseluruhan uraian review IEM Blon BL-05 diatas, saya simpulkan di dalam plus dan minus dari IEM Blon BL-05 adalah sebagai berikut:

Plus
+ suara clear
+ detail dan analitik yang baik
+ bass yang tight namun tetap ber-impact
+ treble sparkling namun tidak nusuk (piercing)

Minus
- tonal suaranya kurang fun
- fitting yang kurang nyaman di saya (subjektif)
- eartips keras, rekomendasi untuk mengganti eartips.
- vokal yang sedikit tipis dan kurang natural
- kuping cepet fatigue

Itu dia review iem Blon BL-05 bahasa Indonesia dari saya, semoga bisa membantu teman-teman dalam memilih iem terutama iem di range harga 500 ribuan. Cheers!
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review IEM Blon BL-05 Bahasa Indonesia"