Review IEM Nature Sound NS5 Dream Bridge NS5 MK I Bahasa Indonesia

IEM nature sound NS5 bahasa indonesia

NS5 Dream Beidge atau biasa disebut NS5 MK I (karena saat ini sudah ada produk NS5 MKII), adalah In Ear Monitor (IEM) keluaran dari merek Nature Sound, yakni sebuah brand audio gear dari China. Secara garis besar, menurut kuping saya, IEM ini tuningannya bright - mid centric, tapi tentu saja ini prefrensi dan selera personal saya sendiri . Dimana saya hanya sebagai end user yang bukan bekerja di bidang audio atau musisi.

Nature Sound NS5 Dream Bridge adalah The Best IEM untuk Vokalan di Range Harga 2 Juta

Spesifikasi Teknis NS5 Dream Bridge

  • Driver type: 10mm carbon-nanotube diaphragm dynamic driver
  • Impedance: 32Ω
  • Frequency response range: 4Hz — 50kHz
  • Sensitivity: 108db@1KHz
  • Distortion: <0.2%
  • Shell material: magnesium-aluminum alloy
  • Audio jack: 3.5mm, gold-plated
  • Cable: 1.2m, 8-core 4-strand OFC
  • Weight: 14g/channel

Box dan Aksesoris


suara nature sound NS5
Box IEM Nature Sound NS5


NS5 Dream Bridge datang dengan box warna hitam, terdapat varian warna yakni gold dan silver. Yang berada di tangan saya untuk direview adalah iem dengan warna silver. Box dari NS5 Dream Bridge ini terasa cukup eksklusif dengan desain dominasi warna hitam yang elegan. Barang-barang yang ada dalam box adalah sebagai berikut  :

  • IEM Nature Sound Dream Bridge
  • Kabel berwarna silver
  • eartips dengan berbagai bentuk dan ukuran (bahkan ada eartips double flange disini)
  • Pouch / dompet untuk IEM nya
  • kain lap
  • kertas dan buku manual

IEM nature Sound NS5 untuk Vokalan
IEM & Eartips NS5

Dilihat  dari aksesoris yang disertakan pada box penjualan, terasa si Nature Sound ini perhatian dengan detail-detail kecil seperti menyertakan kain lap utnuk IEM nya, memang bahan dari housing IEM in iadalah logam yang notabene kalau dipakai pasti sering membekas bekas sidik jari tangan. Selain itu banyaknya bentuk eartips memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih bentuk eartips yang paling nyaman untuk telinganya.

Build Quality


IEM untuk vokalan
IEM NS5

IEM Nature Sound NS5 Dream Bridge dibuat dengan housing berbahan logam (alloy), walaupun housing atau body IEM terbuat dari logam, namun tidak membuat IEM ini terasa berat. NS5 masih sangat nyaman untuk dipasang di telinga dalam jangka waktu yang lama.
Kabel default juga terlihat dan terasa sangat baik, braid yang rapi, warna yang cerah dan jack warna kuning gold dengan konektor 2 pin ukuran 0.78.

Nature Sound NS5 Dream Bridge Sounds Quality 

Low

Pada frequensi rendah (low freq), bass di NS5 ini tergolong tipis, tipis bukan berarti ga ada ya bass nya. Bass dari NS5 ini walaupun secara kuantitas tidak banyak, namun kualitas bass yang bisa dihasilkan cukup baik. Bass terasa padat, tidak bommy (bass nya tidak berbuntut), dan padat. Bass dengan kuantitas yang cukup untuk medengaran lagu pop atau rock, namun tidak untuk musik electronic atau musik EDM. Bass juga tergolong cukup gesit, untuk beberapa lagu rock dengan double pedal yang tidak terlalu intens, suara double pedalnya masih bisa dinikmati. Namun untuk lagu-lagu metal dengan double pedal yang cepat dan intens, bass drum masih terasa lengket dan keteteran. 


Mid  

Frekuensi tengah (mid freq) merupakan andalan utama atau frekuensi yang paling bersinar dari NS5 Dream Bridge, suara vokal terasa sangat powerfull, sangat forward, sangat intim dan clean. Suara vokal wanita atau pria keduanya dapat direproduksi dan dideliver dengan sangat baik. Serasa vokalis atau penyanyinya bernyanyi tepat di sebelah kuping kita, suara serak-serak kecil, tarikan nafas, artikulasi kata yang diucapkan oleh vokalis semua terdengar jelas. Dengan kualitas vokal yang forward dan bersih ini membuat lagu-lagu yang mengandalkan vokal menjadi lebih terasa emosinya. Tidak ada sibilance yang ditemui di NS5, kecuali di beberapa vokalis khususnya Jpop female vocal, yang memang terkenal sibilance, itupun di NS5 hanya terdengar tipis sehingga sangat tidak mengganggu dan sama sekali tidak menusuk gendang telinga.  
Selain vokal, suara instrumen juga terasa natural di NS5. Suara gitar akustik mengalun, gesekan-gesekan pada gitar juga terdengar halus dan pada gitar listrik pun juga terdengar gahar. Untuk beberapa lagu rock, suara distorsi gitar listrik sangat terasa harsh namun tidak sampai menusuk telinga. Nice work!

High

Frekuensi tinggi (High Freq) bisa dibilang smooth dan baik. Trebel dan suara-suara dari frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh NS5 lembut, tidak piercing, akurat, tidak kasar dan sangat nyaman didengarkan. Suara treble present, clear dan renyah. Dengan high freq yang baik seperti ini kita bisa mendapat suara yang clear dan smooth.

Sound Stage

Sound stage yang dapat dirasakan dari Nature Sound NS5 Dream Bridge ini terasa cukup luas, open, separasi instrumen terdengar cukup baik dan dengan depth yang dalam, suara-suara instrumen akan jelas terdengar posisinya. 

Overall Sound 

Secara umum suara dari Nature Sound NS5 Dream Bridge dapat dibilang : mid centric (fokus mid freq), smooth, dan clear. The best untuk lagu-lagu Vokalan 
Untuk Pairing, akan lebih enak jika dipair dengan Digital Audio Player (DAP) yang sedikit warm seperti SONY NW A55 sehingga bisa lebih balance. 

Conclusion

Nature Sound NS5 Dream Bridge ini akan cocok bila playlist kamu seputaran musik yang mengedepankan vokal atau play list vokalan (raisa, tulus, diana krall, norah jones, whitney houston, rebecca pidgeon, dan lainnya). Sebaliknya jika play list musik kamu sekitar musik yang bass nya kemana-mana (EDM, house music, dan sebagainya) saya tidak menyarankan untuk membeli IEM ini.

Demikian ulasan saya untuk In Ear Monitor (IEM) Nature Sound NS5 Dream Bridge, semoga bisa menjadi refrensi kamu yang lagi cari-cari sumbat telinga atau sebagai refrensi buy list selanjutnya. 
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review IEM Nature Sound NS5 Dream Bridge NS5 MK I Bahasa Indonesia "