Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

review tanchjim oxygen bahasa Indonesia

Review tanchjim oxygen


Review Tanchjim Oxygen - Well, produk dari tanchjim satu ini memang banyak disarankan untuk jadi pilihan untuk IEM di rentang harga 3 jutaan. Karakter suara dengan tuningan khas harman target melekat erat di IEM ini. Walaupun termasuk produk lama, suaranya nyaris sempurna dan paling cocok sejauh ini di telinga saya. Buat selera saya, Tanchjim Oxygen adalah pilihan terbaik untuk IEM 3 jutaan. Tak perlu lama-lama pagi, inilah review tanchjim oxygen.

Packaging, Built Quality, dan Fitting Tanchjim Oxygen

Untuk packagingnya sendiri, tanchjim oxygen hadir dengan box bernuansa warna abu-abu gelap dengan desain yang simple dan elegan. Tidak ada artwork cewe anime di sana sini, hanya gambar iem dan logo tanchjim yang nangkring di boxnya. Di dalamnya terdapat kelengkapan berupa unit iem, 3 pasang eartips, 2 kabel (mic dan non mic), dan yang terakhir ada case kecil untuk menyimpan unit iem ketika dibawa bepergian.

Build quality dari tanchjim oxygen ini juga tidak main-main. Tanchjim oxygen dibuat dengan housing berbahan metal dengan finishing chrome yang mengkilat dan berhiaskan logo tanchjim oxygen itu sendiri. Housingnya terlihat mantap, kokoh, rapi dan mewah. Female dan male pin konektornya juga seret dan kencang, sehingga tidak gampang goyang atau lepas. Tanchjim oxygen ini berdesain simple namun tetap terlihat elegan dan mewah.

Untuk comfortness-nya, tanchjim oxygen ini cukup nyaman dipakai di telinga saya. Walaupun housingnya terbuat dari metal, IEM ini tidak terasa berat. Hanya saja, Tanchjim oxygen punya ukuran nozzle yang pendek, sehingga akan memberikan masalah fitting di beberapa orang. Untuk mendapatkan fitting yang nyaman di nozzle yang pendek ini, saya mengganti eartips bawaan dengan eartips dari final audio dan eartips Ortofon. Saya perlu mencoba beberapa eartips untuk mendapatkan fitting yang terbaik untuk tanchjim oxygen, dan sejauh ini yang cukup cocok untuk dipair dengan tanchjim oxygen adalah eartips final audio dan ortofon.

Review tanchjim oxygen


Spesifikasi Tanchjim Oxygen

Spesifikasi teknis Tanchjim Oxygen adalah sebagai berikut :
  • Single Dynamic driver: High performance dual chamber / dual brake
  • Diaphragm: carbon
  • Frequency range: 10Hz — 40kHz
  • Imdepance: 32Ω
  • Sensitivity: 110dB
  • Distortion: <0 .2="" li="">
  • Noise reduction: 37db
  • Cable connectors: 2pin, 0.78mm
  • Color options: silver, black
  • Audio Cable: 1.2m, Sliver-plated OFC (with mic and without mic)
  • Plug: 3.5mm gold-plated, straight

Review Suara Tanchjim Oxygen

Secara umum suara dari tanchjim oxygen adalah neutral - warm. Tanchjim oxygen punya suara yang all round yang aman, detail, natural dan nyaman di telinga.

Review tanchjim oxygen


Low Freq / Bass Tanchjim Oxygen

Tanchjim Oxygen punya bass yang berkualitas dan spesial.Bass nya punya tekstur, bulat, punya rumble yang tidak lebay, tidak ampang, rapi, dan bertenaga. Bassnya sangat rapi sehingga tidak menutupi sektor dan frekuensi lainnya. Bass dari tanchim oxygen ini cukup fun dan enak buat dibawa ke banyak genre lagu. Mau pop, rock, jazz, dan sebagainya, bahkan track lagu EDM sekalipun masih bisa dimainkan dengan fun di tanchjim oxygen.  Untuk track-track lagu metal seperti Dream Theater saya masih sangat bisa menikmati dengan bass yang ada di oxygen. Bass dari oxygen responsif dengan lagu yang dimainkan, ketika playing lagu EDM, maka rumblenya keluar dan sub-bass terdengar menyenangkan, begitu pula ketika untuk playing lagu-lagu rock, suara pedal drum akan terdengar seperti pedal drum yang padat, bulat dan punchy. 

Buat lagu-lagu rock atau metal, suara bass gitar tetap terdengar dan terasa teksturnya. Untuk lagu dengan double pedal, speednya medium, saya masih bisa menerima dan menikmati kualitas dan separasi speed double pedal dari lagu-lagu metal macam dream threater atau Slipknot. Double pedal memang terdengar agak lengket-lengket antar kicknya, namun separasinya masih tetap bisa didengarkan. Bass dari Tanchjim Oxygen ini benar-benar spesial dan punya kualitas.

Mid Freq / Vokal Tanchjim Oxygen

Kalau anda berpikir vokal dari tanchim oxygen ini mundur karena bass yang cukup besar anda salah. Suara Vokal di tanchjim oxygen ini tidak kalah spesial dari bassnya. Vokal yang diproduksi oxygen ini natural, detail, clear, bertekstur, dan intim. Mau vokal cowo atau vokal cewe semua bisa direproduksi dan didelivery dengan sangat baik dan sangat jelas. Tarikan nafas, timbre, artikulasi vokal, pengucapan, serak-serak dari singer semua terdengar jelas dan enak didengar. Walaupun tidak terlalu forward, vokal di tanchjim oxygen sangat jauh dari kata mundur, posisi vokalnya tetap maju dan terdengar intimate namun tidak shouty. Ada sibilance di sektor vokal, namun itu sangat sangat tipis sekali, bahkan hampir tidak noticeable,dan saya hanya menemui di beberapa Japan female singer saja. Suara vokal di tanchjim oxygen natural dan sangat jauh dari kesan metalik. Suara vokal dengan nada rendah ataupun nada tinggi dapat disampaikan dengan baik dan sangat memuaskan untuk didengarkan. Mid dari tanchjim oxygen istimewa buat saya.

Suara instrumen tak kalah spesialnya dari suara vokal, suara-suara instrumen musik terdengar natural sebagaimana suara instrumen itu seharusnya terdengar. Tidak ada boost-boost yang berlebihan dan mengganggu, suara alat-alat musik bisa disajikan dengan harmonis. Tidak lupa detail dan tekstur dari instrumen seperti gesekan jari pada gitar akustik atau gesekan pada violin terdengar tegas namun tidak berlebihan, sehingga nyaman untuk didengarkan dan tidak menyiksa telinga.

High Freq / Treble Tanchjim Oxygen

Di sektor high, Tanchjim oxygen bisa menghasilkan trebel yang smooth, sparkling, clear dan ekstend. Untuk tekstur trebelnya sendiri cukup tegas sehingga bisa didengar dan dirasakan. Treblenya relaxing dan jauh dari sibilance, agresif tapi tetap tidak sibilance dan tidak membuat telinga cepat lelah. Pokoknya treblenya menyenangkan dan pleasing. Untuk trebel head, saya rasa kuantitasnya dan kualitas trebelnya saya rasa masih bisa diterima.

Selain itu yang saya suka dari trebelnya tanchjim oxygen adalah trebelnya yang airy, posisinya memang tidak terlalu forward, tapi tidak juga berada jauh di belakang. Buat saya, trebelnya pas, tidak terlalu nyemprot ke depan tapi juga tidak ngumpet di belakang dan tidak tertutup dengan frekuensi lain.

Other factor tanchjim oxygen

Tanchjim oxygen punya separasi yang baguuuus banget. Semua instrumen bisa terdengar terpisah dengan baik dan tidak menumpuk di tengah. Semua instrumen berada di posisinya masing-masing. posisi instrumennya akurat, sehingga kita bisa tau suara instrumen datang dari arah mana. Untuk temen-temen yang suka dengerin instrumental music, tanchjim oxygen bisa membuat musik instrumental menjadi lively.

Bicara staging, tanchjim oxygen juga punya staging yang luas. Dengerin musik di oxygen berasa mendengarkan musik di sebuah hall yang besar. Suaranya lepas, 3D imagingnya bagus, panningnya rapi, dan musik terasa menjadi lebih hidup.

Seperti yang sudah saya sebut diatas, secara general tanchjim oxygen punya detail yang sangat bagus. Detail instrumen, detail vokal, dan detail-detail kecil lainnya pun terdengar dan terasa tegas dan bisa disampaikan dengan sangat-sangat baik. Hal ini juga didukung dengan kemampuan tanchjim oxygen untuk menyajikan background yang gelap, bersih dan hening. Sehingga mendengarkan musik memakai tanchjim oxygen itu terasa musiknya bersih, tidak banyak noise yang menggangu dan senyap. Seakan-akan kita berada dalam satu ruangan dengan si artist tanpa ada gangguan suara lain.

Review tanchjim oxygen

Conclusion / kesimpulan tanchjim oxygen

Tanchjim oxygen adalah iem yang hampir Prefect buat selera musik saya yang cukup random. Oxygen punya desain yang simpel dan elegan, punya suara yang bagus di semua sektor, dan punya build quality yang sangat baik. Iem ini akan jadi salah satu koleksi yang akan saya keep untuk waktu lama. Tanchjim oxygen adalah pilihan yang tetap akan saya rekomendasikan di harga 3 jutaan meskipun saat ini mulai banyak kompetitor di rentang harganya. Tanchjim oxygen bisa menjadi pilihan upgrade dari Moondrop KXXS  karena signature suaranya masih dalam satu garis besar. Oxygen juga bisa dipertimbangkan untuk dijadikan upgrade dari tanchjim Hana (hana sendiri buat saya adalah versi bright dan lite dari oxygen).

Demikian review tanchjim oxygen, semoga bisa jadi preferensi sebelum meminang tanchjim oxygen.
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

2 comments for "review tanchjim oxygen bahasa Indonesia"

  1. DAP terbaik under 10jt untuk tanchjim oxygen ini apa yaa? buat ngeluarin potensi terbaik dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir.
      Pada dasarnya oxygen punya tonal yang sudah bagus dan teknikal yg cukup bagus. Saya rekomendasikan DAP yang netral dan punya teknikal yg baik. Untuk entry bisa coba shanling m3x atau xduoo x3ii. Untuk mid range bisa dicoba shanling m6 series (regular / pro / 21), Ibasso DX 220, atau hiby R5 series.
      Saat ini kebetulan saya make shanling m6

      Delete