Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Tanchjim Hana Bahasa Indonesia


Tanchjim Hana, IEM Cantik Dengan Suara Yang Mewah

Tanchjim Hana adalah Salah satu headset / iem keluaran tahun 2020 yang banyak diperbincangkan di forum-forum audio. Tanchjim yang sudah settle dengan produk tanchjim oxygen merilis produk baru yakni tanchjim hana. Hana sering disebut sebagai tanchjim oxygen versi hemat. Tanchjim Hana hadir di pasaran Indonesia dengan harga di sekitar 2 juta rupiah. Lalu, dengan harga 2 jutaan rupiah, apakah hana worth untuk dimiliki? Ini dia review tanchjim hana.

Build quality & packaging

Tanchim Hana hadir dengan box yang cukup kecil dengan dominasi warna putih dan coklat. Apa aja di dalam box? Di dalam box nya kita bisa mendapatkan iem Tanchjim Hana, eartips (berbagai bentuk dan ukuran), kabel, dompet, buku manual dan kartu bergambar cewe dengan art khas anime jepang. 



Yang saya notice dari produk iem dari china, semakin kesini semakin banyak yang menggunakan konsep art cewe anime di packaging nya. Bahkan produk moondrop, menyertakan akrilik bergambar karakter cewe anime nya sehingga bisa dipajang untuk hiasan di meja. Dan saya sendiri melihat strategi "waifu" ini cukup laku. Banyak penggemar audio yang membeli produk moondrop karena art nya. Nah, walaupun di box nya tidak ada art cewe anime, Tanchjim Hana menyelipkan kartu bergambar cewe anime di dalam packaging nya, mungkin tanchjim hana akan mengikuti teknik pemasaran dari merek sebelah?

Tanchjim Hana hadir dengan desain visual packaging yang menarik. Selain itu iem nya juga disominasi dengan warna putih susu dengan tulisan hana di housing Sebelah kiri dan logo tanchjim di sebelah kanan. Secara estetika, Tanchjim Hana ini sangat cantik. Housingnya sendiri terbuat dari logam, tapi walau terbuat dari logam, Tanchjim Hana sama sekali tidak berat di kuping. Fittingnya enak. Kabelnya yang tipis kecoklatan match dengan box dan tema dari Hana. Eartips bawaan dari hana ini juga sangat nyaman dipakai, tidak seperti eartips curah pada umunya produk iem china.

Tapi yang perlu diperhatikan, iem dengan tipe cat seperti hana ini bakalan gampang terkelupas catnya ketika kena gesekan atau terbentur. Cat logo hana pun terasa bakal gampang luntur atau baret. Jadi, memakai si Tanchjim Hana ini harus ekstra hati-hati.


Sound quality Tanchjim Hana

Secara general, suara tanchjim hana di kuping saya netral sedikit mengarah ke bright.

Low freq Tanchjim Hana (frekuensi bawah)

Bass dari Tanchjim Hana ini bisa dibilang tight. Bukan tipikal bass yang berekor atau punya rumble. Impact nya cukup / biasa saja, tidak punchy. Tipikal bass bass yang santai. Cukup bisa diajak kebut-kebutan. Di lagu war inside my head nya dream theater, dobel pedal nya portnoy masih cukup terdengar baik. Kick bass drum nya terasa tapi ya itu tadi, impact-nya cukup saja. Yang jelas, low freq bukan sektor yang ditonjolkan Hana. Secara umum suara bass bass di Tanchjim Hana cukupan saja.

Mid freq Tanchjim Hana (frekuensi tengah)

Bicara mid freq, buat saya ini love and hate. Yang saya suka dari Tanchjim Hana, Hana bisa menampilkan suara vokalis wanita dengan sangat baik. Terutama vokalis wanita dari lagi japan pop yang terkenal sibilance. Suara vokal di Hana ini tipikal clear dan sedikit kering. Japanese female vocal terdengar halus, clear,  forward, natural dan Tidak ada sibilance. Artikulasi suara terdengar jelas, detail vokal juga dapat didengar jelas. Suka jernihnya aimer? Di Tanchjim Hana suara aimer terasa spesial dan intimate. Track tiny dancer dari aimer terasa aimer bernyanyi dekat dengan instrumen terasa agak kebelakang namun masih jelas. Beberapa lagu dari raisa, Isyana Sarasvati, atau diana krall juga terasa vokal dari mereka terdengar bersih dan detail.

Nah yang saya kurang suka dari Tanchjim Hana ini adalah suara dari vokalis pria. Tulus, Westlife, atau solo singer lain suaranya terdengar agak kurang natural. Entah kenapa suara vokal pria sedikit terdengar sedikit agak metalik dan tipis. Tapi bukan sama sekali tidak enak atau hancur banget ya, suara vokal pria masih bisa diproduksi dengan baik, bisa dinikmati dan masih cukup enak.

Selain suara vokal, suara-suara instrumen di mid range juga dapat diproduksi dengan sangat baik. Suara denting gitar akustik manis didengar, distorsi gitar elektrik juga terdengar garang, piano dan instrumen lain sangat memuaskan. Secara umum mid freq dari Tanchjim Hana sangat baik.

High freq (frekuensi tinggi)

Kalau mid range sangat baik, maka high freq dari Tanchjim Hana spesial buat saya. Suara simbal-simbal terasa Crispy / renyah. Jelas, bertekstur namun masih terdengar smooth. Berkebalikan dengan bass, suara trebelnya extend dan sparkling. Tidak ada suara simbal yang piercing / menusuk telinga. Instrumen di high freq terasa spesial dan sangat nikmat didengarkan. Attack nya pas, tidak terlalu agresif, sehingga nyaman di telinga.


Other factors

Faktor lain yang saya suka dari hana adalah staging nya yang luas dan airy. Jadi musik terasa didengarkan dari ruangan yang luas. Untuk mendengarkan track tekaman konser, Tanchjim Hana ini membuat serasa mengikuti konsernya.

Teknikalitas dari Tanchjim Hana juga sangat baik. Hana mampu menghasilkan separasi antar instrumen dan dengan baik, sehingga instrumen tidak terasa menumpuk di tengah. Akan mudah mendengar dari mana arah suara instrumen. Detail-detail kecil pun terdengar dengan baik di Tanchjim Hana.

Ada beberapa Kekurangan yang bersifat subjektif dari Tanchjim Hana selama saya memakai unit ini beberapa bulan. Yang pertama datang dari nozzle Tanchjim Hana yang pendek. Nozzle yang pendek ini akan membuat kesulitan untuk mendapat fitting yang nyaman bagi sebagian orang, karena harus lebih menekan iem nya ke dalam lubang telinga. Nozzle yang pendek ini bisa diatasi dengan mengganti eartips dengan ukuran yang panjang. Saat ini saya memakai ortofon dan sudah terasa cukup nyaman.

Kekurangan kedua dari Tanchjim Hana adalah sound signature Hana itu sendiri. Sound signature yang clear, detail dan less bass ini memang enak untuk mendengar detail-detail kecil dari lagu, tapi tipikal suara seperti ini akan membuat telinga cepat capek (ear fatigue). Mengatasinya ya dengan mengistirahatkan telinga ketika terasa capek dan membatasi pemakaian iem.


Conclusion

Tanchjim Hana bisa menjadi pilihan untuk iem dengan rentang harga 2 jutaan untuk kamu yang menyukai suara tipikal natural dan bright. Tanchjim Hana ini pun juga mendapat review yang positif dari forum-forum audio, sehingga patut untuk dipertimbangkan untuk dimiliki.


Itu dia pengalaman dan review Tanchjim Hana setelah beberapa bulan memakai Tanchjim Hana sebagai daily driver. Semoga bisa jadi referensi buat teman-teman.

Cheers!
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Tanchjim Hana Bahasa Indonesia"

Berlangganan via Email