Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review KZ EDX PRO Indonesia

Review KZ EDX PRO

KZ EDX PRO adalah KZ EDX namun dengan suara yang lebih refine

Berangkat dari rasa penasaran atas KZ EDX PRO dan rasa bosan dari suara KZ EDX, akhirnya beberapa bulan lalu saya membeli KZ EDX PRO. Selain rasa bosan, ada rasa penasaran ingin mengkomparasi sejauh apa versi pro dari kz edx ini. Jadi sudah hampir 2 bulan saya memakai KZ EDX PRO ini. Dan inilah review KZ EDX PRO.

Packaging KZ EDX PRO

KZ EDX PRO hadir dengan packaging yang sama-sama minimalis dengan kakaknya si KZ EDX. Masih datang dengan kotak kecil yang dibungkus dengan mika transparan. Namun menurut saya kotak KZ EDX PRO sedikit lebih bagus daripada KZ EDX. Hal ini bisa dilihat dari desain dalam box KZ EDX yang terlihat lebih "niat" dibandingkan kakaknya. Box KZ EDX pro hadir dengan box sleeve yang terlihat lebih bagus dibanding KZ EDX terdahulu.

Di dalam boxnya berisi unit iem KZ EDX, satu set eartips (ukuran S, M, L), kabel detachable, dan kertas manual.

Build Quality KZ EDX PRO

Buat saya ada Peningkatan di segi build quality KZ EDX PRO dari KZ EDX. Versi pro dicetak dengan sama-sama housing berbahan plastik, namun housing KZ EDX PRO didesain transparan dan diberi face plate dengan logo KZ di body housingnya. Secara desain, tampilan KZ EDX PRO jauh lebih elegan dibandingkan KZ EDX.

Review KZ EDX PRO



Sama dengan si kakak, KZ EDX PRO juga diproduksi dengan housing yang punya leher nozzle menyatu dengan body housing. Ini desain yang saya suka, karena kerusakan nozzle yang biasa ada di KZ bisa diminimalkan atau bahkan hilang. KZ EDX PRO tersedia dalam beberapa varian warna yakni putih transparan, hitam transparan, dan hijau transparan. Juga tersedia versi mic atau tanpa mic. Selain peningkatan di housing, kabel bawaan KZ EDX PRO juga lebih bagus. Kabel yang disertakan dalam packaging KZ EDX PRO tidak lagi braid seperti KZ EDX, tapi memakai sleeve transparan dengan shell oin yg juga transparan. Kabel dengan sleeve begini selain terlihat lebih bagus, lebih rapi, tentu juga lebih kuat dan lentur pas disimpan. Good job untuk KZ.

Spesifikasi KZ EDX PRO

spesifikasi KZ EDX PRO adalah sebagai berikut :

DRIVERS :  10 Mm
DRIVER TYPE : Dual Magnetic Dynamic
IMPEDANCE : 24Ω
SENSITIVITY : 112dB
FREQUENCY RESPONSE : 10 Hz - 20 KHz
WIRED CONNECTIVITY : 3.5 Mm
PIN TYPE : 0.75 Mm 2-Pin Gold Plated
MICROPHONE : Yes
REMOTE : 1-Button
COMPATIBILITY : Universal
CABLE : Oxygen-Free Copper Flat Cable
CABLE LENGTH : 125±5cm

Review KZ EDX PRO



Review Sound KZ EDX PRO

Here we go kita bahas suara si KZ EDX PRO. Namun perlu diingat kalau review suara ini sangat subjektif dengan selera pribadi saya yang pasti berbeda dengan teman-teman sekalian. Buat saya, KZ EDX PRO ini masih bersuara v shape, namun dengan suara v shape yang jauh lebih rapi dan refine dibandingkan KZ EDX.

Low frequency KZ EDX PRO

Bass yang hadir di KZ EDX PRO masih berupa bass dengan kuantitas yang besar. Namun bass yg hadir disini merupakan bass yang rapi, tidak tumpah hingga menutupi frekuensi mid, dan rumble nya sedikit pendek. Namun secara kualitas, bass yang dihasilkan KZ EDX PRO masih bisa dibilang sama dengan KZ EDX, yakni kurang tekstur, kurang detail dan kurang impact nya. Namun mengingat harganya yang sekutaran 150.000 rupiah, tentu bass yang rapi ini merupakan sebuah poin plus di range harganya.

Bass dari KZ EDX PRO terbilang masih all round untuk banyak macam genre lagu. Mau pop, hip-hop atau RnB masih bisa masuk. Namun untuk EDM, buat saya yang bukan seorang bass head ini merasa bass kz edx pro terasa nanggung atau biasa saja untuk lagu bergenre EDM. Karena bass yang rapi dan rumble nya pendek, saya ngerasa bass nya so-so aja kalau sipakai untuk mendengarkan track EDM. Kalau utnuk EDM saya masih prefer ke KZ EDX.

Mid frequency KZ EDX PRO

berbicara frekuensi mid, kz edx pro memang tidak memfokuskan ke bagian ini. Hal ini bisa dirasakan bahwa suara vokal di KZ EDX PRO ini terdengan biasa biasa saja dan cukupan saja. Namun vokal di sini tergolong aman dari sibilance atau shouty. Vokal yang dihasilkan juga tipis untuk vokal pria dan wanita. Suara vokal masih terkesan metalik dan kurang natural. KZ EDX PRO jelas bukan iem yang akan enak dipakai untuk mendengar track vokalan. Di sekitaran range harga ini, jika ingin dapat mid yang bagus bisa melirik moondrop quarks atau Moondrop spaceship.

Suara Instrumen alat musik terdengar cukup saja. Tidak bagus namun tidak bisa dibilang jelek. Secara kualitas suara instrumen musik yang dihasilkan juga biasa biasa saja. Mengingat harganya yang hemat, output kualitas suaranya sepadan dengan harganya. 

High frequency KZ EDX PRO


Untuk sektor high, suara yang dihasilkan hampir mirip dengan kakanya si KZ EDX sedikit penghalusan. High nya cukup present, secara kuantitas cukup cukup saja untuk all round alias untuk banyak genre lagu. Simbal terasa halus / less harsh dan aman dari sibilance. Secara kualitas, sektor high nya biasa biasa saja. Tekstur simbal kurang terasa, hanya sekedar cesss saja. Namun untuk harga 100 ribu, kualitas high nya cukup memuaskan kuping saya yang seneng dengerin detail trebel.

Other Factor

Berbicara teknikal, separasi atau layering suara si KZ EDX PRO ini juga bisa dibilang cukup. Sedikit ada improve di separasi dibanding EDX. Suara Instrumen terdengar cukup bisa terpisah satu sama lain. 

Sound stage yang disajikan oleh KZ EDX PRO juga terdengar dan terasa sempit. Mendengarkan musik dengan KZ EDX serasa seperti mendengar band kesukaan anda main di studio yang sempit. Semua instrumen terasa berkumpul di tengah-tengah. 3D imaging sulit dirasakan dari KZ EDX, jadi benar-benar hanya seperti mendengar iem stereo pada umumnya yang panning suaranya yang terbatas hanya dari arah kiri dan kanan.

Review KZ EDX PRO



KZ EDX PRO Conclusion

KZ EDX PRO adalah iem yang punya price to perform yang baik. Di harga kisaran 100 ribuan, kz edx pro bisa memberikan lebih di harganya. Yang perlu di perhatikan adalah kualitas eartips yang masih terasa keras, sehingga disarankan untuk memakai eartips pihak ketiga yang nyaman bagi telinga anda.

Sekian review kz edx pro dari saya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda sebelum membelinya.
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review KZ EDX PRO Indonesia "