Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Moondrop KXXS Bahasa Indonesia

review moondrop KXXS


Moondrop KXXS Review - Pada sekitar pertengahan tahun 2019 Moondrop meluncurkan produk baru dengan nama Moondrop KXXS. Diluar ekspektasi, Moondrop KXXS ini berhasil menarik minat banyak para audiophille. Hal ini ditandai banyaknya pujian dan review positif dari berbagai user di forum audio dan website-website yang berkaitan dengan audio. Saya baru saja mendapatkan unit Moondrop KXXS pada akhir 2020. Dengan tuning suara yang disebut-sebut menggunakan suara harman target, Moondrop KXXS membuat saya penasaran. Harman target sendiri adalah tuning yang disebut-sebut suara yang cocok dengan sebagian besar selera orang. Sehingga disebut sebagai tuningan suara yang aman, apakah benar demikian? inilah Review Moondrop KXXS.

Spesifikasi Moondrop KXXS

spesifikasi dari Moondrop KXXS dari website moondrop adalah sebagai berikut :
  • Frequency Response: 10-80000Hz (Free Field. 1/4"MIC,-3dB)
  • Effective FR:  20-20000Hz (IEC60318-4)
  • Impedance:  32 Ω (@1kHz)
  • Sensitivity: 122dB/Vrms (@1kHz)
  • Channel Mismatch:  ±1dB @1kHz
  • Diaphragm Config: Diamond-Like-Carbon&PEEK
  • Coil :  φ0.035mm-CCAW(Daikoku)
  • Housing: Pressed-milled, polished, electroplated zinc alluminum alloy
  • Transducer: 10mm moving coil transducer
  • Cable: Litz Silver Plated Copper Wire 4N-OFC with 0.78-2Pin 

Packaging dan Build Quality

Moondrop KXXS hadir dengan box pckaging yang terbilang besar untuk sebuah kemasan produk in ear monitor. Box Moondrop KXXS hadir dengan warna dominasi warna putih dengan gambar art cewe dengan gaya anime. Sebuah ciri khas yang melekat pada produk-produk Moondrop di akhir-akhir ini. Bahkan kini banyak yang menyebut moondrop menjual art cewe anime.

review moondrop KXXS



review moondrop KXXS



Di dalam box packaging moondrop KXXS kita bisa mendapat unit iem, eartips (berbagai bentuk dan ukuran), kabel silver, jack konverter untuk colokan di pesawat, pinset, dompet, pouch, filter cadangan, dan buku manual. Apa yang bisa didapat dalam box cukup lengkap dan cukup banyak. Yang unik, moondrop juga menyertakan konverter untuk female jack dalam pesawat, aksesoris ini jarang ditemui di packaging produk in ear monitor.

Untuk build Quality Moondrop KXXS hadir dengan housing metal warna silver. Walaupun metal, Moondop KXXS tidak berat di telinga. Tidak seperti tri i3 yang terbuat daei metal dan berat si telinga. Atau mungkin Moondrop KXXS ini tidak full dari metal? Finishing metal nya cukup halus, sehingga kelihatan kalau iem ini iem mahal. Kekurangan dari finishing silver atau metal seperti ini ya iem ini bakal baret-baret halus karena gesekan housing pada saat penyimpanan dan saat pemakaian. Selain itu, bekas jari pasti juga akan tertinggal saat memakainya, jadi iem nya bakal ada bekas-bekas seperti sidik jari.


Sound Quality

General

Masuk ke bagian review suara, secara umum suara Moondrop KXXS ini fun, all rounder, sedikit v shape, dan warm. Dan sebenarnya saya tidak terlalu cocok dengan suara tipikal produk-produk moondrop. Saya pernah mecoba moondrop spaceshipmoondrop SSR, Moondrop Kanas Pro, dan Moondrop Blessing. Dari produk-produk moondrop yang saya coba tadi, saya menyimpulkan tuningan khas moondrop berfokus di vokal yang forward dan natural. Karena playlist saya tidak banyak yang berfokus vokalan, saya merasa kurang cocok dengan suara khas dari moondrop. Tapi untuk Moondrop KXXS ini berbeda, bisa dibilang Moondrop KXXS agak keluar jalurnya. Bagi saya Moondrop KXXS adalah iem all rounder yang bener-bener aman.


review moondrop KXXS
 

Low Frequency Moondrop KXXS

Frekuensi bawah dari Moondrop KXXS ini bagi saya memuaskan. Bass nya rapi, ada rumblenya sedikit namun tidak sampai boomy. Bassnya tidak terlalu deep, tapi kualitasnya sangat baik. Bass nya engaging dan rapi sehingga tidak sampai mengganggu frekuensi lain. 

Dengan kualitas bass seperti ini Moondrop KXXS punya bass yang cukup fun namun overall suaranya masih punya clarity yang baik. Untuk speednya, bassnya tergolong medium, untuk lagu tipikal rock masih sangat bisa diterima. Bassnya tidak terlalu punchy/nonjok sehingga tidak sakit di telinga atau di kepala. Bass yang saya rasa bisa diterima banyak orang. 

Bahkan untuk playlist EDM pun saya merasa Moondrop KXXS ini masih masuk. Di beberapa lagu EDM yang saya coba, bass nya cukup oke untuk EDM tipikal lagunya axwell ingrosso. Namun karena saya sendiri nggak banyak dengerin EDM melalui IEM, saya ga bisa review bass Moondrop KXXS untuk lagu-lagu EDM.

Mid Frequency Moondrop KXXS

Kalau biasanya lini moondrop fokus dan condong di vokal, menurut saya tidak dengan Moondrop KXXS. Suara vokal yang hadir menghiasi frekuensi mid ini masih tergolong natural, kualitas vokalnya sweet dan basah. Tidak ada boost berlebihan di area vokal dan frekuensi mid. Namun posisi vokal pada Moondrop KXXS ini agak sedikit jauh / agak mundur. Tapi nggak jauh banget, hanya sedikit. Ini yang agak berbeda dengan lini moondrop yang biasanya vokalnya natural dan forward. Suara vokal tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal, justru cenderung ke tipis.

Suara vokal pria dan wanita pada Moondrop KXXS Dapat disajikan dengan baik dan natural. Vokalnya cukup tebal dan punya clarity yang baik. Tidak ada sibilance atau vokal yang mendesis yang mengganggu. Dan bagi saya, Moondrop KXXS berhasil memproduksi banyak tipe suara vokal dengan baik. Instrumen musik yang berada di frekuensi ini juga tidak over, semua disajikan dengan baik dan pas. Overall mid dan vokalnya cukup asyik dan enak.

High frequency Moondrop KXXS

Di sektor high, saya merasa Moondrop main aman di KXXS. Suara trebel terdengar smooth, cukup renyah, cukup presence dan cukup tegas. Trebel dan hi hat tidak terlalu kencang namun juga tidak terlalu ngumpet. Untuk teksturnya cukupan saja. Tidak ada high yang sampai sibilance atau menusuk kuping. Trebel yang bisa dan cukup dinikmati.

review moondrop KXXS


Other

Karena ini iem yang tonalnya warm all rounder, saya merasa teknikal di Moondrop KXXS ini biasa- biasa saja alias. Detail-detail dari musik dan lagu ditampilkan cukup jelas, tapi terasa tidak terlalu spesial. Kalau dibandingnkan dengan Tanchjim Hana, Hana lebih mampu menampilkan detail dengan lebih baik, lebih tegas dan lebih jelas.

Untuk staging, ketika mendengarkan lagu dengan Moondrop KXXS, rasanya seperti di ruangan yang cukup luas. Soundstage nya sebenarnya bisa dibilang so so aja di range harganya. Separasi antar instrumen sangat baik, semua instrumen dpat didengarkan benar-benar terpisah. Imaging dan posisi antar instrumen juga sangat baik, posisi instrumen dapat dideteksi arah datangnya dari arah mana. 

Untuk fittting, Moondrop KXXS ini ounya fitting yang sangat nyaman di telinga saya. Saya cukup nyaman dengan eartips default bawaannya. Sealingnya cukup dapat, sehingga suara-suara dari luar tidak masuk. Bobot iemnya yang tidak terlalu berat juga membantu iem ini nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.


review moondrop KXXS



Verdict Moondrop KXXS

Jika teman-teman punya budget antara 2 juta hingga 3 juta rupiah dan mencari iem dengan suara yang fun dan aman, Moondrop KXXS adalah pilihan terbaik. Tinggal colok di DAP atau smartphone, Moondrop KXXS akan menghibur telinga teman-teman.

Sebagai refrensi, tonal dan tipe suara yang hampir sama di range harga ini ada Ibasso IT01s yang bisa dijadikan pembanding atau pertimbangan untuk memilih iem. 

Kelebihan Moondrop KXXS :
+ Fitting nyaman
+ Aksesoris banyak
+ Tampilan mewah
+ Suara fun, aman untuk banyak genre lagu

Kekurangan Moondrop KXXS :
- harga (di range harganya, banyak pesaing)
- kabel silver rentan oksidasi
- detail kecil kurang terasa

Itu dia review Moondrop KXXS dari saya setelah saya memakai sekitar 3 bulan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman yang mencari refrensi untuk headset atau iem 2 jutaan yang all rounder.

Cheers!
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Moondrop KXXS Bahasa Indonesia"

Berlangganan via Email