Review Ibasso IT01s Bahasa Indonesia


Ibasso IT01s, IEM Menawan Dengan Suara Yang Nyaman

taorent.id - bagi teman-teman yang suka dengan audio atau audiophille, pastinya tidak asing dengan ibasso. Ibasso adalah produsen digital audio player (DAP) dan in ear monitor (IEM) yang nama dan produknya sudah settle di kalangan merek produk audio. Suksesnya Ibasso IT01 yang punya suara warm all rounder di pasaran membuat ibasso membuat Ibasso IT01S yang masih punya suara yang all rounder namun lebih banyak diterima telinga penikmat audio. Di post saya kali ini saya akan berbagi pengalaman dan review ibasso it01s.


Build Quality Ibasso IT01S

Ibasso it01s datang dengan housing yang punya bentuk sama persis dengan ibasso it01, namun dengan finishing cat abu-abu glossy yang membuat it01s terlihat mewah dan mahal. Build nya terasa solid dan kokoh. Konektor mmcx nya pun kuat sehingga tidak membuat suara di iem terputus putus. Pengalaman yang saya suka saat memakai ibasso IT01S sebagai iem harian dan saat membuat review ibasso it01s ini yang pertama adalah suaranya yang bikin betah telinga dan build quality terutama pada pin male dan female mmcx nya kuat, walaupun sering dicopot untuk ganti ganti kabel. Pin mmcx nya tidak pernah rewel. Saat review ibasso it01s ini dibuat, saya memakai it01s dengan kabel default dan kabel custom.


Spesifikasi ibasso IT01S

Diatas kertas, spesifikasi lengkap ibasso it01s adalah sebagai berikut :
  • Frequency response: 10Hz – 43kHz
  • Sensitivity: 109dB
  • Impedance: 16 Ohms
  • Noise attenuation: -26dB
  • Rated power: 10mW
  • Total harmonic distortion: <1% (at 1kHz/1mW)


Review sound quality ibasso IT01S


Low freq
Ibasso IT01S datang dengan tuningan bass yang bisa dibilang cukupan. Tidak terlalu besar dan boomy seperti kakaknya si ibasso IT01, namun juga tidak terlalu tipis. Kuantitas bassnya cukup dan masuk ke banyak genre lagu. Bass nya cukup deep, rumble nya pendek dan cukup terasa. Bass nya berkualitas, tidak ampang dan teksturnya cukup terasa. Bass nya benar-benar terkontrol dan tidak sampai menggangu mid freq. Untuk lagu-lagu EDM yang chill  masih bisa masuk dan enak.

Mid freq
Mid freq dari ibasso IT01S clear buat saya. Suara instrumen seperti gitar akustik terdengar natural dan harmonis. Untuk vokal posisinya sedikit maju kalau dibandingkan ibasso IT01, namun juga tidak terlalu forward. Bagi sebagian orang mungkin akan merasakan sedikit v shape. Kualitas vokal yang dihasilkan dari IT01S bagi saya cukup memuaskan. Vokal tidak nyemprot atau shouty dan terkesan halus. Untuk track vokalan terasa cukupan saja dan tidak terlalu istimewa.

High freq
sektor yang Saya suka di ibasso it01s adalah sektor high freq. Simbal-simbal terdengar renyah, tidak kasar hingga menusuk telinga namun juga tidak terlalu halus. Suara-suara trebel bertekstur dan enak untuk dinikmati. Trebel cukup aman untuk dimainkan di berbagai genre musik.

Other technical
Ibasso IT01S punya sound stage yang cukup luas (tidak luas sekali) dan punya teknikal yang bagus. Detail kecil cukup terdengar dan bisa dirasakan.


Kelebihan ibasso IT01S :
+ Tampilan iem menarik
+ Fitting nyaman digunakan
+ Suara all round dengan detail dan teknikal yang baik

Kekurangan ibasso IT01S :
- kabel silver rawan oksidasi
- bodi iem mengkilap membuat ngecap bekas jari
- vokal akan terasa kurang bagi beberapa penyuka genre vokal

Kesimpulan

Ibasso IT01S adalah iem dengan tuningan yang aman untuk banyak genre lagu. Suara mewah dengan teknikal yang baik dan tampilan housing iem yang menawan. Ibasso IT01S bisa jadi salah satu pilihan iem yang aman dan tidak rewel.
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Ibasso IT01s Bahasa Indonesia"