Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Moondrop SSR Bahasa Indonesia

Moondrop SSR, Jagoan Baru Untuk IEM khusus vokalan dibawah 1 juta

Di tengah tahun 2020 ini, Moondrop kembali menghadirkan produk di lini in ear monitor (IEM) yang mendapatkan sambutan yang hangat oleh para audiophile dan khususnya fans moondrop. Produk baru moondrop tersebut adalah Moondrop SSR (Super Spaceship Reference). Saya pun berkesempatan untuk mencicipi Moondrop SSR, dan akhirnya menulis review moondrop SSR bahasa Indonesia. 

General dan Build Quality Moondrop SSR

Pada saat peluncurannya Moondrop SSR dibanderol dengan harga sekitar Rp. 600.000 (pasar Indonesia). Secara general Moondrop SSR punya suara khas moondrop yang mengonjolkan suara vokal yang natural. Moondrop SSR hadir dengan kemasan box karton berwarna putih dengan gambar wanita dengan tipe anime. Dari gambar ini pun bahkan kita bisa menyimpulkan kalau moondrop SSR ini targetnya untuk menikmati lagu-lagu khas anime atau Jpop. Di dalam box moondrop bisa didapati kelengkapan berupa unit IEM (single dynamic driver), kabel deatachable dengan 2 pin 0,78 mm dengan bahan 4N-OFC (copper), eartips dengan ukuran S M L, pouch, dan buku manual. 

Build quality dari unit moondrop SSR ini kalau saya bilang istimewa. Housingnya terbuat dari besi namun ditelinga tidak terasa berat karena ukurannya yang termasuk kecil. Housing Moondrop SSR hadir dalam berbagai warna, unit yang saya review adalah berwarna pink / merah muda. Cat warna pink nya pun cukup rapi, warnanya solid dan dipoles dengan finishing coat. Untuk kabel detachable nya berwarna silver dengan sleeve plastik transparan. Kabelnya sendiri tipis dan lemas. Nampaknya perlu berhati-hati pas memakai atau menggulung kabelnya karena tampak ringkih.

Saat saya menulis review Moondrop SSR bahasa Indonesia ini, saya sudah sekitar 3 hari memakai Moondrop SSR. Fitting yang saya rasakan selama 3 hari ini memakai Moondrop SSR cukup nyaman dengan eartips bawaannya. Housingnya yang kecil bikin pas di telinga dan nyaman untuk dipakai.Unitnya ringan dan karena kabelnya juga tipis bikin telinga ga mudah capek. 


review moondrop SSR bahasa Indonesia
isi Box Moondrop SSR


Sound Signature / Suara Moondrop SSR

Secara general, tuning dan tipikal suara dari Moondrop SSR ini adalah Mid centric / A Shape. Dimana suara yang ditonjolkan adalah di frekuensi mid lebih khususnya suara vokal. Bahkan di belakang box Moondrop SSR sendir sudah diberi gambar frekuensi dari Moondrop SSR. Review suara dari Moondrop SSR ini murni dari pengalaman dan selera audio dan musik saya sendiri. 

Low Range Frequency (bass) Moondrop SSR

Moondrop SSR punya tuningan bass yang tergolong tipis secara kuantitas. Namun bass yang tipis tersebut terasa cukup deep, padat dengan impact yang cukupan. Bass tidak terlalu punchy dan tidak boomy.  Bass pendek dengan speed yang tidak terlalu cepat (medium speed). Bass nya tidak cocok untuk lagu-lagu EDM dan ga cocok untuk tipikal basshead. 

Mid range Frequecy (vokal) Moondrop SSR

Mid range ini adalah frekuensi sepsial dari Moondrop SSR. Sebenarnya hampir seluruh lini produk Moondrop berfokus ke mid range / vokal. Vokal yang diproduksi dari Moondrop SSR ini terdengar intim, vokalis terasa dekat dengan kita, suara vokal juga clear. Terutama suara vokal perempuan terdengar sangat baik, natural dan enak. Moondrop SSR ini memang cocok untuk tipikal suara female jpop. Mungkin bagi beberapa orang akan terdengar shouty (berasa diteriakin sama singernya), tapi menurut selera saya, suara vokalnya masih dalam taraf belum terlalu shouty. Untuk  lagu-lagu Japan female singer, tidak sampai sibilance, adapun sibilance hanya tipis dan tidak sampai menggangu dan menyiksa telinga. Untuk track male singer, suara dari vokalis pria seperti Tulus juga terdengar natural dan enak. Suara dan detail instrumen terdengar jelas dan tegas. Suara violin, gitar akustik terdengar istimewa dan terasa emosional.  

High Range Frequency (treble) Moondrop SSR 

trebel yang dihasilkan clear, halus dan tidak sibilance. Trebel pun cukup sparkling dan tidak nusuk dan menyiksa telinga. Tekstur dan detail trebel moderate dan cukup terdengar. Secara kuantitas, trebel dari Moondrop SSR ini pas dan sudah cukup memuaskan. 

Other

soundstage yang bisa dirasakan dari Mondrop SSR ini cukup lebar namun tidak terlalu lebar atau terlalu airy. Separasi antar instrumen juga terdengar baik. Imaging juga terasa oke. Semua frekuensi dituning dengan sangat baik.


Kesimpulan Untuk Moondrop SSR

Buat saya Moondrop SSR worth the money. Untuk harga 600 ribu, suaranya yang dihasilkan bisa dibilang  mewah. Untuk audiophile tipikal vocal lover, IEM ini bisa menjadi pilihan untuk iem dibawah 1 juta. Rekomendasi musik yang enak didengarkan dengan Moondrop SSR ini tentu saja musik vokal, JPop, Kpop, pop secara umum, jazz dan slowrock. Untuk musik EDM sangat tidak disarankan.

Demikian review Moondrop SSR Bahasa Indonesia dari saya, semoga bisa menjadi refrensi bagi teman-teman penggemar audio dalam memilih earphone terutama untuk vokal. Selain Moondrop SSR ini, rekomendasi saya untuk earphone dengan tipe suara khusus untuk vokalan adalah Moondrop Spaceship dan Nature Sound NS5 yang juga telah saya tulis reviewnya.
Cheers! 
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Moondrop SSR Bahasa Indonesia"