Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review IEM Moondrop Spaceship Bahasa Indonesia

Review Moondrop Spaceship, IEM yang cocok buat dengerin J-Pop dan Anisong.

taorent.id - Pada tahun 2019 Moondrop kembali lagi mengeluarkan lini entry untuk list in ear monitor (IEM) mereka. Mereka hadir dengan produk bernama Moondrop Spaceship. Sebuah IEM yang dibilang cukup murah dari line produk iem dari Moondrop. Bagi teman-teman yang punya hobi audiophile, tentunya paham kalau Moondrop bukan anak kemaren sore di dunia audio portable. 

review Moondrop spaceship bahasa indonesia
penampakan box moondrop spaceship

Moondrop sudah bermain di dunia audio sudah bertahun-tahun lalu dengan lini andalan seperti Moondrop Kanas Pro, Moondrop Starfield atau Moondrop KXXS. Lini produk IEM Moondrop biasanya di range harga satu juta keatas. Namun, Moondrop memberanikan diri memproduksi lini dibawah satu juta, bahkan di bawah lima ratus ribu (harga market Indonesia). Lalu bagaimana kualitas suara dari  Spaceship, IEM entry level dari Moondrop yang seharga cuma 20 USD ini? ini dia review Moondrop Spaceship.

Box dan Packaging

review Moondrop spaceship bahasa indonesia
kelengkapan dan aksesoris moondrop spaceship

Moondrop Spaceship datang dengan box berukuran sedang dengan box berwarna putih. Terdapat gambar cewe dengan style gambar anime  yang memegang bintang dan bertuliskan Spaceship(di batch moondrop Spaceship yang awal box terbuat dari mika plastik dan bergambar ruang angkasa). 
Di dalam box kemasan Moondrop Spaceship terdapat:
  • IEM Moondrop Spaceship
  • pouch / dompet warna hitam dari bahan semacam fleece untuk IEM nya 
  • tiga pasang eartips ukuran S, M, dan L
  • buku petunjuk penggunaan
Moondrop Spaceship juga datang dalam dua versi yakni versi dengan mic dan tanpa mic.

Build Quality dan Fitting IEM Moondrop Spaceship

Moondrop Spaceship hadir dengan body atau housing yang kecil terbuat dari plastik dengan finishing cat warna metal / metal look. Walaupun housing iem terbuat dari plastik, namun badan iem cukup padat dan lumayan kokoh. Body IEM Moondrop Spaceship ini sangat kecil dan mungil, berbentuk pipih dan lonjong. Saya malah heran ini drivernya segede apa buat ditanam di housing sekecil ini.

Moondrop Spaceship dibekali dengan kabel tipe non detachable (kabel tidak dapat dilepas) yang terbuat dari 4N Litz Oxygen Free Copper (OFC) yang dibungkus dengan rubber single strand. Walaupun kabel tergolong kecil, kabel Moondrop Spaceship ini terlihat solid dan terasa kuat dan kabel di split dengan splitter terbuat dari metal. Jack yang digunakan adalah jack 3,5 mm gold plated.

Spaceship dipasang di telinga secara straight dan fitting di telinga juga lumayan nyaman. Eartips standart bawaan juga lumayan lentur dan cukup nyaman dipakai. Namun saya mengganti eartips memakai eartips spinfit CP100 atau CP 145 karena kebiasaan dan kenyamanan kuping pribadi saja.

review Moondrop spaceship bahasa indonesia
IEM moondrop spaceship

Spesifikasi Teknis Moondrop Spaceship

Spesifikasi teknis dari Moondrop Spaceship :
  • Driver : 6mm dynamic driver with PU+PEEK diaphragm
  • Impedance : 16ohms +/- 15%
  • Sensitivity : 104dB @ 1kHz
  • Frequency response range : 20Hz-40kHz
  • Cable : Fixed 4N Litz Oxygen Free Copper
  • Frequency Response Range: 20-40000Hz
  • Sensitivity: 104dB
  • Impendance : 16Ω

Suara / Sound Quality Moondrop Spaceship

Secara umum Moondrop Spaceship memberikan suara tipikal mid centric yang lembut.

review moondrop spaceship bahasa indonesia
frequency response moondrop spaceship
Low Freq / Bass
Bass dari Moondrop Spaceship ini tergolong tipis, flat, tight dan tidak boomy namun hadir dengan kualitas yang cukup baik. Bass tidak punchy dan tidak deep. Kuantitas bass terasa cukup, mungkin terasa agak kering berbagai orang yang suka dengan iem dengan kuantitas bass yang banyak. Kecepatan bass juga so so saja, walaupun bass nya cukup tight atau tidak berekor, bass di spaceship tidak bisa diajak kebut-kebutan di lagu-lagu ber tempo cepat seperti lagu metal.

Mid Freq / Vokal dan Insrumen
Frekuensi tengah atau Mid Frequency adalah frekuensi yang paling menonjol di Moondrop Spacehip ini. Suara vokal cukup forward tapi tidak terlalu intimate dan  vokal yang dihasilkan cukup jernih. Vokal wanita di lagu-lagu J-Pop enak terdengar di Spaceship, sedangkan untuk vokal laki-laki bagi saya cukupan saja. Detail vokal tidak terlalu terdengar dan tidak terlalu mencolok. Untuk mendengarkan Female Japan singer seperti Aimer atau LiSA sudah cukup enak.

Instrumen juga terdengar cukup jelas. Suara instrumen seperti gitar akustik atau violin jernih dan enak didengar. Lembut, tidak harsh di telinga dan tidak sampai sibilance. Spaceship ini cocok untuk dipakai buat memainkan lagu-lagu slow, akustik, jpop dan sebagainya.

High Freq /  Treble
Trebel yang dihasilkan di IEM ini cukup presence, walaupun bagi saya masih termasuk agak ngumpet. Suara trebel tergolong smooth, tidak ekstend dan tidak sparkling. Detail di frekuensi ini juga tidak terlalu detail namun clarity nya sudah cukup. Claritynya cukup membantu suara-suara seperti gitar akustik terdengar jernih dan melodik. Suara trebel tidak harsh dan tidak sampai sibilance. Secara kuantitas cukup untuk lagu-lagu pop.


review moondrop spaceship bahasa indonesia
moondrop spaceship colok M2X



Kesimpulan


Moondrop Spaceship ini kalo buat saya suaranya so so saja. Namun kita tidak bisa protes karena harganya memang sesuai dengan kualitasnya. Bagi saya IEM ini masih worth to buy. Mid range dari spaceship ini cukup baik bagi iem dengan harga tiga ratus ribuan. Moondrop spaceship ini cukup mudah di drive, cukup dicolok ke smartphone atau lapotop sudah bisa enjoy. 

+ clear sound
+ suara vokal yang jernih dan baik khas Moondrop
+ detail yang lumayan bagus

- kabel yang tidak detachable jadi ga bisa ganti-ganti kabel
- trebel kurang 
- suara yg di terasa di boost

Itu dia review Moondrop Spaceship, IEM yang menurut kuping pribadi saya bagus untuk vokalan, lagu-lagu pop dan lagu-lagu JPop dan Anisong. Jangan lupa selalu percaya kuping sendiri!
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review IEM Moondrop Spaceship Bahasa Indonesia"