Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Final Audio E4000 Bahasa Indonesia

Final Audio E4000, IEM Dengan Suara Yang Lembut dan Natural Di Telinga

review final audio e4000 bahasa indinesia


taorent.id - Bagi teman-teman yang hobi atau doyan audio gear, tentunya mengerti jika merek Final Audio bukan merek kemaren sore di produk in ear monitor. Produk dari Final Audio banyak yang menjadi yang di rekomendasikan di berbagai range harga. Dan sekarang saya kedatangan Final Audio E4000, sebuah IEM yang menurut saya suaranya bikin betah di kuping, sehingga membuat saya ingin membuat review final audio E4000 bahasa Indonesia

Karena saya mendapat IEM Final Audio E4000 ini dalam kondisi loose pack alias tanpa ada kelengkapan, jadi saya akan melewati pembahasan packaging karena saya tidak bisa menjelaskan packaging dan isi dalam box nya 😀. Untuk IEM di rentang harga 2 jutaan, impresi singkat saya untuk suara Final Audio E4000 ini lembut dan natural, tentu saja worth untuk harganya.

Seperti biasa, saya akan memberikan disclaimer terlebih dahulu mengenai impresi dan review ini didasarkan dari apa yang saya dengar dan subjektif selera saya. Sangat mungkin akan berbeda dengan yang didengarkan dan selera orang lain. Lagu yang dipakai utnuk test IEM juga berdasarkan prefrensi pribadi saya sendiri meliputi lagu rock, slow rock, pop, jazz hingga metal. Ini dia review Final Audio E4000.

Desain, Build Quality dan Fitting

Secara desain sebenarnya IEM dari lini Final Audio ini hampir kesemuanya mirip. Mulai dari seri E1000 hingga E5000 punya desain yang mirip. Berbentuk tabung yang kecil dan tidak terlalu panjang. Pemakaian untuk straight down alias langsung dipakai tanpa perlu melingkarkan kabel ke belakang telinga. 

Housing atau body IEM nya sendiri berbahan logam dengan finishing warna hitam doff dan bertuliskan Final di sisi kiri dan E4000 di sisi kanan dari iem. Dilihat secara visual saja, housing dari final audio E4000 ini walaupun kecil namun terlihat kokoh. IEM Final Audio E4000 dilengkapi dengan kabel dengan konektor tipe mmcx. Namun secara fisik, kabel dari Final Audio E4000 terbilang tipis. Jadinya kabel nya lentur, tidak kaku dan tidak berat ketika iem nya dipakai.

Untuk urusan fitting, karena bentuknya Final Audio E4000 ini kecil dan ringkas, jadinya E4000 ini cukup nyaman ketika dipakai di telinga. Eartips default bawaannya pun cukup lembut, empuk dan nyaman untuk dipakai.

Sound Quality

Low Range
Di sektor Low, bass di Final Audio E4000 ini bisa dibilang lembut, tidak menonjol dan tidak dominan. Impact bass nya juga tidak terlalu nendang. Tapi tekstur dari bass nya masih terasa dan terdengar. Rumble nya pendek, lembut dan nyaman buat telinga. Bass nya pun rapi dan tidak tumpah ke sektor mid. Untuk bass head atau pecinta lagu-lagu macam  EDM saya rasa bass nya kurang kuantitasnya. Tapi untuk sekedar lagu-lagu top 40, slow rock dan pop bass nya sudah pas. 

Mid Range
Mid range nya si Final Audio E4000 ini yang saya rasa paling terasa istimewa. Suara vokal terdengar lembut, mengayun dan yang paling terasa adalah vokalnya natural! ga ada kesan di boost sana sini, tidak ada kesan vokal metalik dan tidak ada sibilance di area vokal. Posisi vokal sedikit agak mundur namun masih terdengar tegas. Vokal pria maupun vokal wanita terdengar natural dan berhasil diproduksi dengan sangat baik. Lagu vokalan semacam raisa atau tulus terasa hangat, nyaman dan betah untuk didengarkan. 

High Range
Suara trebel yang dihasilkan oleh Final Audio E4000 ini punya kualitas yang cukup baik. Cukup sparkling tapi kuantitasnya pas-pasan. Tekstur treblenya terdengar cukup baik, tidak terlalu detail dan tidak ekstend. Kalay buat kuping saya treblenya pas-pas an. Cukup enak di dengar, tidak piercing, lembut dan tidak harsh. Di telinga saya cukup bikin nyaman dan tidak melelahkan.

review final audio e4000 bahasa indinesia

Kesimpulan Saya

Iem Final Audio E4000 ini adalah iem dengan fitting yang ringan dan nyaman di telinga. Punya suara yang overall lembut, suara vokal yang natural dan nyaman. Rekomendasi untuk iem ini adalah genre lagu pop, female vocal dan male vocal

Demikian Review IEM Final Audio E4000  dari saya, semoga bisa menjadi refrensi atau bantuan bagi teman-teman di hobi audio portable yang sedang mencari IEM yang bagus di range harga 2 jutaan.   
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Final Audio E4000 Bahasa Indonesia "

Berlangganan via Email