Makanan Konbini Jepang Yang Wajib Dicoba

konbini japan food

Sudah bukan rahasia lagi, jika Ibukota Jepang, Tokyo, adalah salah satu kota dengan living cost yang termahal di dunia. Menilik artikel dari bussiness insider, Tokyo menduduki peringkat ketiga di dunia untuk kota dengan living cost yang mahal. Tokyo bahkan berada diatas London dan New York. Bagi traveller yang budgetnya terbatas, tentu saja membutuhkan solusi dan tips jalan-jalan hemat di Jepang. Convenience Store atau biasa disebut Konbini di Jepang bisa jadi oase di gurun sahara. Makanan dan jajanan Konbini di Jepang selain enak juga bikin kenyang. Di post ini saya akan membagikan makanan konbini yang wajib dicoba ketika mengunjungi Jepang. Karena makanan di konbini banyak (banget) yang enak-enak

Di kota Tokyo, tidak sulit menemukan konbini. Mereka ada di hampir seluruh jalan atau pusat keramaian. Dengan jarak tak begitu jauh, mudah untuk menemukan konbini di Tokyo. Mulai dari konbini kecil hingga yang luas dengan fasilitas meja dan kursi untuk makan. Dua konbini yang paling mudah ditemui di jalanan kota Tokyo adalah Family Mart dan Seven Eleven. Sebenarnya ada banyak yang lain seperti Lawson, mini stop dan masih banyak yang lain. Tapi Family Mart dan Seven Eleven lah yang gampang dicari dan isinya enak-enak 😍. Begitu masuk konbini, rasanya mau ngambil semua makanan dan minuman di dalemnya. Banyak makanan, minuman dan jajanan yang rasanya mau dicobain. Makanan-makanan di bawah ini pernah / sering saya beli ketika mampir di konbini.


Onigiri

Onigiri singkatnya adalah nasi yang dibungkus dengan nori (rumput laut). Dan isi dari onigiri sendiri beragam, mulai dari salmon, plum, tuna, hingga mentaiko. Umumnya onigiri yang dijual di konbini berbentuk segitiga, walaupun ada juga yang berbentuk bulat atau lonjong. Onigiri adalah life saver ketika jalan-jalan di Jepang. Saya selalu beli dan mengantongi beberapa onigiri sebelum berangkat jalan. Biasanya kalau tiba-tiba lapar atau pengen ngemil, tinggal ambil dan makan.  Harga onigiri sendiri sangat murah, mulai dari 100 yen hingga sekitar 300 yen.

onigiri konbini japan



Bento dan Aneka Makanan

Bingung mau makan siang apa ketika jalan-jalan? masuk saja ke konbini dan ambil sekotak bento, bayar di kasir dan minta dipanaskan melalui microwave. Rasanya? sedap!. Banyak pilihan bento di konbini. Tapi biasanya isi satu kotak bento adalah nasi, telur, karage atau ikan. satu porsi sangat cukup buat ngisi perut yang keroncongan karena kecapekan jalan kaki. Selain bento tersedia makanan seperti pasta, sphageti, nasi kare atau omurice (nasi dengan telur dadar lembut diatasnya) yang bisa jadi pilihan.

konbini food bento onigiri

Oden

Oden adalah olahan ikan yang disajikan dengan kuah panas yang gurih. Bisa dibilang mirip-mirip sama bakso kalau di Indonesia. Isi Oden bisa variatif mulai dari tahu, telur rebus, daging ikan, hingga bakso ikan isi keju. Oden biasanya dijual di dekat kasir konbini, karena belinya milih bebas dari item yang ada. Biasanya diwadahi memakai cup berbentuk gelas atau mangkuk besar. Dari seluruh makanan konbini, saya paling suka dan sering beli oden. Apalagi kalau dinikmati selagi udara dingin atau setelah hujan, nyeruput kuah oden rasanya membuat badan hangat. Ketika mengunjungi kawaguchiko , saya selalu beli oden setiap menemukan konbini di jalan.

konbini food oden

konbini food oden



Kopi dan Aneka Minuman Botol

Seperti mini market pada umunya, konbini menyediakan minuman dingin yang ditaruh dalam kulkas-kulkas. Dan minuman dalam kulkas-kulkas ini banyak yang punya rasa yang aneh-aneh yang menarik untuk dicoba. Selain itu, terkadang ada minuman edisi spesial atau minuman yang hanya ada di kota tertentu. Contohnya misalnya coca-cola dengan desain event khusus yang cuma ada di waktu-waktu tertentu. Biasanya saya beli karena kemasannya juga menarik. Saya juga selalu beli kopi di pagi hari di konbini. Kopinya seven eleven rasanya bukan kaleng-kaleng dan cukup bikin melek. 


Kue-kue dan Snack

Di konbini juga tersedia jajanan, kue-kue dan snack yang menggoda untuk dicoba. Sandwich isi keju dan telur ada, kue dorayaki seperti jajannya doraemon juga ada, kue dengan filling keju atau krim juga banyak pilihan. Harga jajanan juga murah mulai dari 100an yen hingga 300 yen untuk kue-kue yang berukuran sedang.

konbini japan food and drink
Pudding Bobba


Jadi, apa jajanan konbini favorit teman-teman?   
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Makanan Konbini Jepang Yang Wajib Dicoba"