Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Ibasso IT01 Bahasa Indonesia


Pilihan Terbaik Headset / IEM All Rounder Budget 1 Jutaan

Buat temen-teman yang bingung saat memilih headset / iem (in ear monitor), salah satu tips yang mudah kalau bingung memilih headset yang cocok adalah dengan memilih headset dengan suara yang all rounder. Apa itu suara all rounder? suara all rounder adalah tuningan suara dari headset yang masuk dan cocok untuk mendengarkan banyak genre musik. Yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu headset dengan suara allrounder terbaik menurut saya di kisaran harga 1 jutaan. IEM tersebut adalah Ibasso IT01. Ibasso IT01 sendiri sebenarnya produk yang sudah cukup sustain dari waktu ke waktu namun masih jadi rukukan iem all rounder di kisaran harga 1 jutaan.


Spesifikasi dan Build Quality Ibasso IT01

spesfikasi teknis Ibasso IT01 adalah sebagai berikut :
  • Driver: singular 10mm dynamic driver, multi-layered graphene diaphragm
  • Frequency: 10Hz ~ 42kHz
  • Sensitivity: 108 ± 2dB
  • Impedance: 16Ω
  • Noise attenuation: -26dB
  • Rated Power: 10mw
  • THD: <1%
  • Cable: 1.2m 4-core OFC, MMCX detachable, 3.5mm gold-plated plug
  • Weight: 8g (without cable)

Build quality dari produk-produknya ibasso, entah itu music player atau iem selalu punya kualitas produk yang baik. Pin mmcx dari ibasso IT01 ini terbilang cukup awet. Saya sendiri sudah memakai ibasso IT01 lebih dari setahun dan pin mmcx nya tidak pernah rewel atau bermasalah. Saya pun termasuk sering gonta ganti kabel di ibass IT01 ini, dan sering berganti-ganti kabel juga tidak membuat pin mmcx nya bermasalah.

Selain build Quality nya yang baik dan kuat, yang saya suka dari ibasso IT01 adalah kelengkapannya. Ibasso IT01 datang dengan packaging yang elegan. Didalamnya terdapat metal case berbentuk bulat yang dapat dipakai untuk menyimpan iem nya. Selain itu, kita juga diberi banyak sekali bentuk eartips dengan berbagai ukuran. Sehingga kita sebagai user bisa memilih eartips mana yang cocok dengan bentuk lubang telinga kita.


Suara ibasso IT01 (sound quality)

Secara umum, ibasso IT01 punya suara bertipe warm v shape

Bass (low range)

Ibasso IT01 punya bass yang besar (banget). Bass nya punya rumble yang enak. Buntut bass nya tidak terlalu panjang. Bass dari IT01 cukup deep, tidak terlalu gesit, cenderung boomy dan tidak punchy. Tipikal bass yang enak buat dengerin EDM atau musik top 40 kekinian.

Saking besarnya, bass nya sedikit "tumpah" ke mid range (vokal), sehingga vokalnya sedikit tertutup dan bass nya menjadi sangat dominan.

Vokal (mid range)

Sebenarnya Saya suka tipikal vokalnya dari ibasso IT01. Vokal disampaikan dengan basah dan mengayun. Cukup enak dibuat mendengarkan lagu-lagu sendu. Namun posisi vokalnya ini agak jauh ke belakang dan sedikit tertutup bass nya. Sehingga clarity di sektor vokal terasa kurang jernih (tidak clear / agak "keruh").

Jika dipakai untuk mendengarkan track vokalan atau lagu dari singer solo, akan terasa kurang detail dan kurang jernih. Suara vokal terasa "berkabut" karena efek dari tumpahnya bass. Namun kualitas mid range dan vokal di ibasso IT01 masih enak untuk dinikmati. Begitu pula dengan suara instrumen musik, terasa agak jauh dan terdengar biasa saja (tidak terlalu tegas dan tidak harsh).

Trebel (high range)

suara di frekuensi tinggi atau high yang dihasilkan oleh IT01 bisa dibilang cukup cring. Suara simbal-simbal atau hit hat terdengar cukup tegas dan cukup renyah. Suara trebel tidak terlalu sembunyi atau jauh. Trebel yang dihasilkan pun cukup baik, tekstur simbal cukup terdengar, dan tidak sampai piercing atau menusuk telinga. Jadi trebelnya bisa disebut masih aman. 

Other

staging di ibasso IT01 terasa cukup. Stagingnya tidak terlalu lebar juga tidak terasa sempit. Teknikalitas dari IT01 juga cukup baik untuk iem di rentang harga satu jutaan. Detail-detail lumayan terdengar dan terasa. Namun perlu diperhatikan juga kalau ibasso IT01 adalah iem musikal yang fun, bukan iem bertipe teknikal. Jadi kalau mencari teknikal atau detail detail yang sangat kecil, maka ibasso IT01 tidak akan bisa menampilkan itu.


Kesimpulan  

Ibasso IT01 adalah iem dengan karakter warm V shape yang cukup enak untuk all rounder. Mau diajak lagu apa aja ayo. Mulai pop, slow rock, Jpop, Kpop dan genre musik lainnya semua terasa masuk. Ibasso IT01 juga tidak rewel soal power, colok handphone sudah cukup bisa diajak nyanyi. 
Jadi, kamu punya budget sejutaan dan nyari headset / iem yang bisa diajak main lagu apa aja? Ibasso IT01 jawabannya. 
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Ibasso IT01 Bahasa Indonesia"

Berlangganan via Email