Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Game Nintendo Switch Buat Olahraga Di Rumah Saat Karantina


Saat pandemi wabah COVID-19 seperti saat ini mau ga mau mengharuskan kita untuk stay di rumah aja. Di lain sisi kita juga dituntut untuk melakukan gaya hidup sehat untuk menguatkan imun dalam melawan serangan virus COVID-19. Selain makan dengan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup, pastinya kita harus melakukan olahraga agar badan tetap fit dan sehat. Karena kita ga bisa keluar rumah sembarangan atau keluar pas ga penting-penting amat biar tidak tertular virus, kita harus berolahraga di dalam rumah. Beberapa game dari Nitendo Switch ini membantu saya berkeringat di rumah aja saat karantina.

1. Ring Fit Adventure



Ring Fit Adventure adalah game eksklusif dari nintedo untuk nintndo switch. Game ini berfokus untuk pemainnya melakukan gerakan-gerakan workout atau olahraga dari depan layar TV di rumah. Game ini menggabungkan gerakan olahraga dan elemen game RPG menjadi satu game yang menarik. Ring Fit Adventure punya gameplay yang cukup menarik dan dinamis. Dalam bundling pembeliannya, Ring Fit Adventure menyertakan alat berbentuk lingkaran (ring) yang nantinya akan digunakan sebagai alat bantu utama dalam melakukan gerakan workout sepanjang permainan.  

ring fit adventure switch
hasil daily workout di ring fit adventure

Player diharuskan melakukan gerakan dasar seperti jogging atau berjalan cepat agar karakter di dalam game bergerak. Untuk mengalahkan musuh yang muncul, player diharuskan menyerang dengan gerakan-gerakan workout seperti squad, plank,dan masih banyak lagi. Dalam game Ring Fit Adventure juga ada boss yang kuat dan menantang untuk dikalahkan. Sama seperti game RPG, Ring Fit Adventure memakai  sistem player development, semakin tinggi level pemain maka semakin banyak gerakan olahraga dan baju yang bisa di unlock. Main game ini satu jam aja udah bikin saya keringetan deras! Memainkan game ini dalam waktu sebulan membuat perubahan-perubahan kecil buat badan saya.
ring fit adventure nintendo switch
sistem levelling dan data total workout

2. Fitness Boxing  



Fitness Boxing pada dasarnya adalah rythm game / music game yang dikombinasikan dengan gerakan-gerakan pada olahraga tinju. Fitness Boxing juga merupakan game eksklusif dari nintendo untuk konsol nintendo switch. Gameplay dari game ini hanya menampilkan seorang trainer dan kombinasi kombinasi pukulan dalam tinju dengan background musik top 40. Kita bisa belajar melempar jab, straight punch, hooks, uppercut dan gerakan tinju lainnya denga akurat sesuai tempo ritme musik.

fitness boxing switch
hasil daily workout Fitness Boxing

Kita bisa memilih satu dari enam instruktur tinju yang bakal menemani bermain fitness boxing. Instruktur tersebut bisa di custom warna kulit nya, warna rambut, pakaian dan aksesorisnya. Pakaian, aksesoris dan musik bisa didapat dari achievement dan dari rutinnya bermain fitness boxing. Selain custom secara visual, kita juga bisa set goal dari workout nya, seperti kita bisa memilih fokus pada bisep, body, full body, dan bagian badan lainnya. Setelah itu kita juga setting durasi daily workout, nanti sistem akan menyesuaikan gerakan dalam game sesuai goal yang ingin dicapai.

fitness boxing switch
rekap data kalori loss

Dalam satu kali sesi daily workout dengan durasi 30 menit, rata-rata saya membuat sekitar 900 - 1000 pukulan dan membakar kalori kira-kira sekitar 200 kcal. Satu sesi daily workout cukup membuat tangan saya berasa berat dan berkeringat deras. Game ini bisa dipakai sebagai pengganti rutinitas pergi ke gym saat karantina seperti saat ini dan kita bisa workout dirumah dan dimanapun.

3. Just Dance 2020



Just Dance 2020 adalah rythm dancing game besutan dari ubisoft dimana kita bisa bergoyang mengikuti irama musik top 40. Dengan pilihan lagu yang selalu update, Just Dance 2020 bisa membuat kita beranjak dari kursi dan bergoyang mengikuti instruksi dalam game. Just Dance 2020 ini game yang cukup mudah dimainkan, kita tinggal memilih lagu kemudian mengikuti gerakan dance yang dicontohkan dalam game nya. Tidak hanya itu kita juga harus akurat dalam melakukan gerakan dan tempo gerakan juga harus tepat.



Just Dance memang bukan game yang difokuskan untuk melakukan workout, tapi coba aja main 2 atau 3 lagu dijamin badan akan panas berkeringat. Asyiknya, Just dance bisa dimainin bareng keluarga dirumah sampe maksimal 4 orang. Just Dance 2020 bisa jadi alternatif cara mencari keringat di dalam rumah saat kita ga bisa melakukan kegiatan outdoor saat karantina.  

4. Mario Tennis Aces




Sama seperti Just Dance, Mario Tennis Aces sebenarnya juga bukan game yang fokus untuk workout dan membakar kalori badan. Tapi Mario Tennis Aces cukup seru untuk dimainkan dan untuk sekedar menggerakkan badan.  Pada dasarnya Mario Tennis Aces adalah salah satu game dari Nintendo yang berjenis adventure permainan tenis dengan karakter Mario di dalamnya. Namun di game ini ada mode bernama swing mode. Dimana kita bisa mengayunkan joycon dan bergerak layaknya atlet sedang bermain tenis. Tidak ada perhitungan kalori di game ini, tapi Mario Tennis Aces game yang fun untuk dimainkan untuk bersama keluarga dan cukup menghabiskan tenaga. Memainkan tenis beberapa set dengan keluarga cukup membuat saya capek dan berkeringat.



Itulah 4 game dari nintendo switch yang saya mainkan untuk olahraga dan tetap bergerak selama di rumah saat pandemi ini. Semoga bisa jadi refrensi kamu yang lagi bingung buat cari alternatif olahraga di rumah.
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "4 Game Nintendo Switch Buat Olahraga Di Rumah Saat Karantina"