Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapin Kaki Buat Jalan Jalan Ke Meiji Jingu Shrine

Jalan-Jalan Ke Meiji Jingu Shrine, Kuil Megah Di Tengah Keramaian Tokyo

travelling ke meiji jingu shrine

Tentang Meiji Jingu

Meiji Jingu Shrine (kuil Meiji) merupakan salah satu kuil besar di Tokyo. Tidak seperti kebanyakan kuil di Tokyo, kuil meiji punya embel-embel tambahan nama "jingu". Tambahan nama jingu ini sendiri menandakan kuil ini untuk menghormati pemimpin / kaisar jepang pada jaman terdahulu, dalam hal ini kaisar Meiji. Kaisar Meiji dan keluarganya diabadikan di kuil ini. Jadi Meiji Jingu Shrine ini dibangun untuk menghormati arwah dari kaisar Meiji.

travelling ke meiji jingu shrine tokyo
area halaman dalam kuil Meiji Jingu

Area Meiji Shrine ini terletak di area hutan kota seluas kurang lebih 70 hektar. Dengan lebih dari 120.000 pohon yang di tanam di area ini, wajar jika area kuil Meiji ini sangat rindang dan sejuk walaupun berada di area yang padat dan sibuk di Tokyo. Karena berada pada pusat pertokoan dan perkantoran, kuil Meiji ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang memanjatkan doa. Pohon yang ditanam di area Meiji Jingu ini terdiri dari sekitar 365 jenis pohon yang didatangkan dari seluruh penjuru Jepang oleh penduduk jepang sendiri

Jalan Kaki  Menuju Kuil Meiji Jingu

Pintu gerbang masuk area Meiji Jingu ini ditandai dengan toori (gate) kayu yang sangat besar . Jika kamu mau mengunjungi Meiji Jingu, kamu harus siap-siap jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh. Namun karena jalan menuju Meiji Jingu ini dipenuhi dengan pohon yang ditanam di kiri dan kanan jalan, perjalanan kesana terasa santai karena udaranya sejuk dan suasananya tenang. Di tengah sepanjang perjalanan pun banyak spot yang bagus untuk diabadikan dalam kamera, termasuk di dalam perjalanan kita bisa ketemu deretan gentong sake yang disimpan bertahun-tahun dan ditata dengan sangat rapi sehingga menarik utnuk dijadikan objek foto.

travelling ke meiji jingu shrine tokyo
kumpulan gentong yang instagrammable
Jauhnya jalan kaki untuk menuju ke kuil Meiji Jingu bakal terbayar ketika sampai di kuil nya. Bangunan Kuil Meiji Jingu ini sangat luas dan megah. Sebelum masuk pintu bangunan kuilnya ada toori dan gerbang yang besar. Pelataran di dalam kuil sangat luas dan bersih. Suasana di kuil ini juga sangat tenang walaupun banyak pengunjung yang datang saat itu Di halaman kuil tersedia kursi-kursi yang bisa dipakai untuk beristirahat setelah capek berjalan menuju Meiji Jingu. Di salah satu sudut halaman ada sebuah pohon yang dibawahnya terdapat doa-doa yang dituliskan diatas sebuah ema (papan kayu) dan digantungkan. Kita juga bisa ikut menuliskan keinginan di atas sebuah ema dengan membelinya. Selain membeli ema, kita juga bisa membeli jimat atau amulet yang tersedia di area kuil.

travelling ke meiji jingu shrine
kumpulan ema yang digantung di sudut kuil


Event Yang Digelar Di Kuil Meiji Jingu

Meiji Jingu ini juga kerap mengadakan acara seperti upacara, berdoa, perkawinan bahkan sumo. Jika beruntung kita bisa ikut melihat prosesi acaranya. Ada acara ritual harian yang digelar antara pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang. Waktu itu saya berkunjung sekitar jam makan siang, kondisi kuil sedang tidak terlalu ramai oleh pengunjung.

Meiji Jingu ini akan sangat ramai ketika malam pergantian tahun atau pas tahun baru. Banyak orang kemari untuk berdoa agar diberi keberuntungan di tahun yang baru. Pada saat perayaan tahun baru, area Meiji Jingu ini juga akan ramai pedagang makanan.

Akses Dan Cara Menuju Kuil Meiji Jingu

travelling ke meiji jingu shrine tokyo
jalan akses ke Meiji Jingu yang teduh

Travelling ke Tokyo tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mampir ke jalan-jalan Meiji Jingu shrine. Kuil Meiji Jingu bisa diakses dengan kereta jalur Yamanote Line (warna hijau) dan kita bisa berhenti di stasiun Harajuku (exit omotesando). Setelah keluar dari Stasiun Harajuku, berjalan sedikit ke arah kanan dan di area belakang stasiun akan terlihat gerbang / toori besar sebagai tanda jalan masuk ke area Meiji Jingu, setelah itu silakan melanutkan berjalan kaki mengikuti jalan yang ada. 
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Siapin Kaki Buat Jalan Jalan Ke Meiji Jingu Shrine"