Review Moondrop SSP Bahasa Indonesia

Review moondrop SSP


Dua minggu lalu saya kedatangan lagi produk dari moondrop, yakni moondrop SSP (super starship pulse). Bukan produk baru, tapi belum terlalu lama juga. Moondrop SSP dilaunching tidak lama setelah kakaknya, moondrop SSR dilepas ke market. Setelah saya pakai hampir selama 2 minggu, inilah pengalaman dan review moondrop SSP.

Packaging Moondrop SSP

Moondrop SSP datang dengan box yang cukup kecil dan minimalis. Tidak jauh seperti moondrop SSR, moondrop SSP datang dengan box dengan aksen warna navy yang glossy dengan artwork cewe anime sebagai cover. Di bagian belakang box terdapat informasi teknis, spesifikasi, dan grafik frekuensi respon dari moondrop SSP.

Isi dalam box juga bisa dibilang cukup minimalis, yakni unit iem moondrop SSP, kabel silver, eartips set, pouch dari bahan kulit imitasi, dan buku manual. Moondrop masih konsisten untuk menyertakan pouch di setiap produknya, ini hal yang baik, jadi kita ga perlu cari pouch atau case buat bawa iemnya.



review moondrop SSP bahasa indonesia
Your waifu iem


review moondrop SSP bahasa indonesia


Build Quality Moondrop SSP

Unit driver moondrop SSP bisa dibilang sangat kecil atau mini. Desain housingnya dibuat dari plastik berbentuk seperti hati dengan finishing matte atau dof. Desain housing berbentuk hati ini jarang ditemui dan terlihat cantik jika dipakai untuk hadiah orang terdekat. Finishingnya yang memakai finishing matte memang terlihat mewah, tapi dengan cat matte seperti ini, cat akan mudah terkelupas jika jatuh atau kena gesekan yang sedikit keras. Sehingga harus pelan-pelan memakainya.

Untuk kabelnya, moondrop SSP memakai kabel silver plated 4N litz OFC cable. Kualitas Kabel ini juga cukup bagus, lentur dan tidak mudah kusut. Konektor pada kabel memakai pin 2 kaki 0,78 dengan jack gold L shape.


review moondrop SSP bahasa indonesia


review moondrop SSP bahasa indonesia



Eartips bawaannya standar saja, sih. Seperti kebanyakan eartips curah bawaan dari chifi pada umumnya. eartips bawaannya cukup empuk dan tidak sekeras eartips KZ, eartips nya masih cukup nyaman untuk dipakai. Moondrop menyertakan pair eartips dengan ukuran S, M, dan L yang bisa dipilih dengan menyesuaikan ukuran lubang telinga.

Dari segi kenyamanan saat dipakai, moondrop SSP ini nyaman untuk dipakai, bahkan buat saya, SSP ini sangat nyaman. Karena ukurannya yang kecil dan bahannya dari plastik, SSP sangat ringan di telinga dan tidak terasa berat sama sekali. Sealingnya juga sangat nyaman, tidak terlalu kedap atau terlalu longgar. Sehingga untuk pemakaian lama cukup enak dan tidak gampang membuat capek telinga. saking entengnya saya pernah memakai moondrop SSP hingga 2 jam lebih.

 

Spesifikasi Teknis / Specs Moondrop SSP

spesifikasi teknis / spek moondrop SSP adalah sebagai berikut :
  • Frequency Range: 20Hz–20kHz (IEC60318-4)
  • Frequency Range: 20Hz–40kHz (1/4 Inch Free-field Mic)
  • Sensitivity: 112dB/Vrms (@1khz)
  • Impedance: 16Ω (@1khz)
  • THD: ≤ 1%
  • Diaphragm: Beryllium-Coated Dome + PU Suspension Ring
  • Housing material: Liquid Metal Alloy Housing
  • Coil: 0.035mm-CCAW
  • Acoustic Filter: Patented Anti-Blocking Filter
  • Magnetic Circuit: N52-High Density Magnetic Circuit
  • Cable: Silver Plated 4N-Litz OFC
  • Plug: 0.78 2-pin. 


Review moondrop ssp
Lookin cute iem


Review Suara Moondrop SSP

Secara umum suara Moondrop SSP balance sedikit warm buat saya. Suara yang saya kira akan mudah diterima oleh banyak selera kuping orang indonesia. Karena Moondrop SSP ini dituning dengan suara tuningan harman (harman frequency), bagi saya Moondrop SSP ini punya suara yang musikal dan aman.

Bass / Low frequency moondrop SSP


Moondrop SSP punya bass yang cukup porsinya. Bass yang hadir bukan tipikal bass yang boomy, tapi bass dengan tipikal yang padat, sedikit punchy, dan rapi. Bass nya cukup fun dan cukup kuantitasnya untuk banyak jenis lagu terutama lagu-lagu pop. Bass yang ada pun terbilang rapi, tidak sampai menutup vokal. Speed bass medium, untuk lagu-lagu rock, bassnya tidak sampai mengganggu clarity. Bass tipikal seperti ini tentu saja bukan tipikal bass untuk menikmati lagu-lagu EDM dan bukan bass yang akan memuaskan selera bass head.

Note saya soal bass moondrop SSP hanya tekstur bass nya tidak terlalu terdengar baik. Suara gitar bass terdengar namun sesikit samar.

Vokal / mid frequency Moondrop SSP


Hampir seperti kakaknya Moondrop SSR, vokal di moondrop SSP ini istimewa di rentang harga 500 ribuan rupiah. Suara vokal terdengar bersih, forward, dan intimate. Suara vokalis terdengar natural, clear, dan terasa dekat dengan pendengar. Suara vokal pria atau wanita sama-sama enak didengarkan dan bisa didelivery dengan sangat baik. Tidak ada sibilance yang terdengar. Di lagu-lagu japan female vocalist tidak terdengar sibilance yang mengganggu, begitu juga lagu-lagu pop ballad korea. 

Suara instrumen-instrumen juga terdengar seimbang dan harmonis. Suara gitar akustik atau violin terdengar merdu dan nyaman di telinga. Tidak ada yang berlebihan. Namun suara distorsi gitar listrik untuk lagu-lagu rock atau metal, saya merasa moondrop SSP terlalu halus dan kurang gahar. Suara distorsi gitar cukup buat saya dan kuping saya masih bisa menikmatinya.

Note saya untuk frekuensi mid adalah kurangnya detail. Artikulasi suara vokalis tidak terlalu terdengar, tekstur dan detail suara instrumen juga terdengar samar-samar saja. Untuk anda yang preferensi suaranya mid lover atau vokal lover, SSP mungkin terdengar enak dan acceptable, tapi akan terasa kurang dan nanggung. Untuk vokal lover, saya menyarankan lebih memilih Moondrop SSR yang suaranya lebih bright dan lebih fokus ke mid frequency. Tapi dengan catatan, moondrop SSR vokalnya bisa terdengar peaky atau 'nyemprot' bagi sebagian orang.


Treble / High frequency Moondrop SSP


Untuk high frequency nya, Moondrop SSP ini punya suara yang cukup pleasing. Treble yang dihasilkan halus, crispy, dan tidak menyiksa telinga. Tidak ada sibilance dari Treblenya moondrop SSP. Treble dari moondrop SSP ini secara kuantitas bisa dibilang cukupan saja / pas-pasan. Tidak terlalu banyak, cenderung kurang namun masih cukup bisa dinikmati. Karena tipe treblenya yang alus banget dan agak mundur ini, Moondrop SSP tidak membuat telinga cepat capek dan enak dipakai di jangka waktu lama.

Namun note saya di frekuensi high ini masih sama dengan frekuensi lainnya. Suara di frekuensi high ini kurang terasa tekstur dan detailnya. Untuk anda yang Treble head, treble di Moondrop SSP akan terasa kurang nendang, kurang banyak kuantitasnya, dan terlalu halus.

Other

Moondrop SSP punya separasi instrumen yang cukup saja buat saya. Instrumen cukup bisa dipisahkan dan terdengar terpisah antar instrumennya. Separasinya cukup baik di rentang harganya. Soundstage nya tidak luas bahkan cenderung sempit. Rasanya seperti mendengarkan musik di ruangan studio. 3D imaging nya agak kurang, sehingga posisi instrumen hanya terasa di kanan kiri saja, sehingga ini juga yang membuat separasinya biasa-biasa saja buat saya.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, moondrop SSP adalah iem dengan tonal yg musikal dan less technical. Jadi detail-detail kecil, tekstur, dan sebagainya kurang terdengar. Moondrop SSP ini seperti versi musikal dari Tin T2, dimana Tin T2 punya tonal yang mirip namun dengan teknikal dan detail yang luar biasa di rentang harganya.


Kelebihan dan Kekurangan Moondrop SSP

Kelebihan Moondrop SSP
  • desain yang cantik dan unik
  • fitting yang nyaman
  • Suara vokal yang natural
  • Dapat pouch di kelengkapan

Kekurangan Moondrop SSP
  • Tidak teknikal (detail tidak terasa)
  • Butuh power besar (HP akan kesulitan ngedrive SSP)
  • Cat yang gampang mengelupas
  • kabel silver rawan oksidasi


Review moondrop ssp



Kesimpulan Moondrop SSP

Moondrop SSP punya suara dengan tonal harman yang aman banyak selera kuping. Suaranya yang musikal cocok buat user yang tidak terlalu mementingkan atau tidak memperhatikan detail-detail kecil dan hal-hal teknikal lainnya. Moondrop SSP Prefect untuk lagu-lagu J-Pop atau K-Pop yang butuh vokal yang clear. Housingnya yang kecil dan ringan membuat iem ini nyaman dipakai untuk waktu yang lama. A good deal buat pilihan di rentang harga 500 ribuan.

Sebelum saya mengakhiri tulisan review moondrop SSP ini, saya tekankan bahwa review ini bersifat sangat subyektif. Selera dan preferensi audio saya akan sangat berbeda dengan selera anda. Sehingga apa yang saya dengar dan rasakan bisa jadi akan berbeda dengan yang anda dengar. Jadi, akan lebih baik anda mencoba sendiri Moondrop SSP.

Sampai disini, semoga review Moondrop SSP ini bisa berguna untuk anda para pecinta audio portabel. Cheers!
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Review Moondrop SSP Bahasa Indonesia"