Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan-Jalan Ke Kuil Sensoji Di Asakusa, Kuil Tertua Di Tokyo

Kuil Asakusa adalah kuil Paling Tua Sekaligus Paling Ramai Di Tokyo

Kalau kita travelling ke Tokyo, rasanya tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi kuil-kuil yang ada di Tokyo. Selain karena selain kuil-kuil di Tokyo menjadi pusat kebudayaan dan event, kuil-kuil di Tokyo punya keunikan tersendiri yang sangat sayang buat dilewatkan gitu aja. Bicara soal kuil di Tokyo, yang pertama kali terpikir pasti Kuil Sensoji yang berada di Asakusa.

Travelling ke kuil sensoji asakusa tokyo
Suasana Kuil Sensoji, Asakusa
Bisa dibilang Sensoji Temple adalah wajah dari kuil di Tokyo. Sensoji adalah kuil tertua sekaligus paling ramai dan paling padat pengunjung. Orang datang untuk berdoa bercampur dengan padatnya turis yang berwisata. Sensoji adalah spot dimana unsur dan tradisional bertemu dan bercampur dengan sempurna. Ketika travelling ke Tokyo saya selalu nginep di daerah Asakusa, jadi saya sering bolak balik mampir di Sensoji, dan Sensoji tidak pernah kehilangan pesonanya.

Gerbang Kaminarimon, Ikon Sensoji dan Asakusa

Jalan-Jalan Ke Kuil Sensoji Di Asakusa

Sebelum masuk ke area Kuil Sensoji, kita bakal disambut dengan gerbang berukuran super besar berwarna merah dan ada lampion / lentera yang juga berwarna merah. Kaminarimon sendiri berarti gerbang petir (kaminari = petir). Pada sisi depan lampion raksasa tertulis dalam dua kata 雷門 (thunder gate / gerbang petir). Kaminarimon adalah gerbang utama untuk masuk ke area Kuil Sensoji. Gerbang Kaminarimon dijaga oleh dua patung raijin (dewa petir) dan fuujin (dewa angin) di sisi kiri dan kanan gerbang.

Nakamise Dori, Pusatnya Belanja Oleh-Oleh Dan Street Food

Travelling ke kuil sensoji asakusa tokyo
Suasana Nakamise Shopping Street

Satu lagi yang unik dari Kuil Sensoji, setelah melewati gerbang Kaminarimon kita bakal disambut dengan area Nakamise Dori. Nakamise Dori ini dikenal sebagai shopping street dimana banyak penjual di kios-kios atau stall kecil yang menjual merchandise dan snack / jajanan. Nakamise shopping street ini cocok buat kalo kita ga mau pusing nyari oleh-oleh berbau Jepang atau bertema Sensoji. Disini kita bisa belanja kaos, magnet, sumpit, kipas dan masih banyak yang lain. Selain itu banyak jajanan enak yang ga bisa dilewatin begitu saja seperti yakitori, dango dan es krim matcha. Saking banyaknya toko-toko di Nakamise Dori ini, mereka berjejer jejer sehingga membentuk gang-gang (dori). Nakamise Dori is a must place to visit and shop in Asakusa!

Halaman dan Bangunan Utama Kuil Sensoji

Travelling ke kuil sensoji asakusa tokyo
Gerbang Hozomon Sensoji

Di ujung penghabisan Nakamise Dori, kita akan bertemu satu gerbang besar lagi. Gerbang ini adalah gerbang utama dari kuil sensoji. Sama seperti gerbang Kaminarimon, gerbang Hozomon juga dijaga oleh dua patung Nio. Pada gerbang Hozomon terdapat tiga lentera / lampion. Satu lampion besar di tengah bertuliskan 小舟町 (kabunacho). Kabunacho sendiri adalah nama distrik yang mendonasikan lentera tersebut. Di kuil ini juga disimpan patung tiruan yang dahulunya ditemukan di sungai Sumida yang menjadi cikal bakal didirikannya kuil Sensoji. Di sebelah kiri dan kanan lentera besar berwarna merah tersebut terdapat dua lentera besar berwarna hitam.


Travelling ke kuil sensoji asakusa tokyo
Pagoda di Sensoji Asakusa
setelah melewati gerbang Hozomon, kita nyampe di bangunan utama Kuil Sensoji. Area bangunan utama ini disebut Hondo. Di sini orang-orang datang untuk berdoa berjubel dengan keramaian dengan orang yang berwisata. Di halaman utama ini pula sebuah kuil kecil yang diberi nama Asakusa Jinja, sebuah kuil kecil yang lebih sepi. Selain Kuil Sensoji, di Hondo ini juga terdapat Pagoda dengan lima lantai tingkat ketinggian. Namun nampaknya pagoda ini tidak bisa dikunjungi oleh pengunjung umum. Saya pun hanya melihat dari luar saja.

travelling ke kuil sensoji asakusa
main hall kuil sensoji (japan guide)

Tips Mengunjungi Kuil Sensoji

Travelling ke kuil sensoji asakusa tokyo
Suasana Kuil Sensoji Malam Hari

Kuil Sensoji adalah salah satu spot foto yang wajib kalo kita travelling ke Tokyo. Namun ramai dan berjubelnya pengunjung di Sensoji terkadang membuat kesulitan buat mengambil objek foto yang bagus untuk kenang-kenangan saat travelling ke Tokyo. Tips jika ingin mengambil foto yang bagus untuk mengambil foto yang bagus di kuil Sensoji adalah saat Kuil Sensoji tersebut sepi. Kapan kondisi Kuil Sensoji Sepi? Jawabannya adalah saat pagi atau malam. Jika ingin mendapat foto tanpa keramaian datanglah pagi sekali atau malam diatas pukul delapan malam. Meninkmati Kuil Sensoji pada malam hari juga tidak kalah menarik dibandingkan pada saat siang hari. Kecuali memang jika berniat menikmati keramaian pada Kuil Sensoji. 

Cara Menuju Ke Kuil Sensoji Asakusa

Untuk menuju Kuil Sensoji Asakusa, Kita bisa naik kereta dengan mengambil jalur Ginza Line (warna orange) berhenti di Stasiun Asakusa. Setelah melewati pintu keluar stasiun berjalan sedikit ke kanan mana akan sampai pada Kuil Sensoji

taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

Post a Comment for "Jalan-Jalan Ke Kuil Sensoji Di Asakusa, Kuil Tertua Di Tokyo"